DETAIL DOCUMENT
Perancangan wahana rekreasi anak berbasis edukasi profesi dengan pendekatan behavior setting di Batu
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Aini, Siti Nurul
Subject
 
Datestamp
2018-11-01 03:09:30 
Abstract :
ABSTRAK Menanggapi isu MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), pemerintah mengembangkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan MEA, yaitu pendidikan berbasis karakter. Pemerintah juga menyosialisasikan pendidikan karakter sebagai pencetak SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan mampu bersaing dengan pekerja asing. Penerapan pendidikan karakter diusia anak-anak akan lebih melekat dan efektif. Tanpa mengurangi kegiatan bermain yang merupakan kebutuhan esensisial bagi usia anak-anak, yang mana bermain juga dapat meningkatkan perkembangan kognitif, efektif, afektif dan psikomotor, tetapi juga perkembangan bahasa, disiplin, moral, dan kreatif. Wahana rekreasi berbasis edukasi profesi merupakan tempat anak-anak bermain peran dengan memperagakan profesi. Permainan peran profesi (Role Play) bertemakan 8 tipe kecerdasan anak (Multiple Intellegence), karena dengan model pengembangan dari multiple Intellegence akan menstimulus berdasarkan kecerdasan yang dimiliki anak. Pendekatan perancangan yang diterapkan adalah Behavior Setting. Perancangan ini banyak menggunakan berbagai macam ruang yang mewadahi aktivitas anak-anak yang menirukan aktivitas kerja dari seorang profesional, maka dari itu pendekatan Behaviour Setting akan memberi batasan pada hirarki aktivitas kelompok satu dengan lainnya sehingga tidak terjadi tumpang tindih setiap aktivitas. ABSTRACT Responding to MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) issues, the government develops an education curriculum that suits MEA so called as character-based education. The government is also socializing this curriculum as the creator of quality human resources that prepare them well so they are able to compete against the foreign workers. The application of this curriculum to the children would be more inherent and effective without cutting down their play activities. It is an essential need during their childhood because playing can enhance not only their cognitive, effective, affective, and psychomotor development, but also their language development, discipline, moral, and creativity. The professional education-based of Kids recreation arena is a place where kids can do role-playing by demonstrating certain professions. This arena uses 8 types of children intelligent (Multiple Intellegence) theme since it can stimulate the children based on their own intelligent. The approach of the applied design is Behavior Setting. This design employs several kinds of room so that these rooms can accommodate all children activities in doing role play as similar as the professionals. Moreover, this approach is able to limit the group activities hierarchy for one to another, therefore there would be no overlapping activities. 

File :
13660090.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang