DETAIL DOCUMENT
Strategi personal selling produk tabungan SIMASTER (Simpanan Masyarakat Sejahtera) pada BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Kantor Cabang Banjarwati Lamongan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Nisa’, Khoirun
Subject
 
Datestamp
2019-02-20 02:23:38 
Abstract :
INDONESIA: KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Kantor Cabang Banjarwati Lamongan merupakan lembaga keuangan yang bergerak dalam penghimpunan dana, dan penyaluran dana. Salah satu produk penghimpunan dana yang bertumbuh pesat adalah produk tabungan SIMASTER (Simpanan masyarakat sejahtera). Lebih dari setengah aset BMT berupa kas merupakan hasil keuntungan dari penjualan produk SIMASTER. Keberhasilan penjualan produk tersebut tentu tidak luput dari strategi pemasaran yang diterapkan di KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Kantor Cabang Banjarwati ini. Diketahui dari hasil wawancara awal oleh peneliti, bahwa dalam memasarkan produk SIMASTER, BMT menggunakan strategi personal selling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana tujuanya adalah untuk mendeksripsikan secara sistematis mengenai fokus penelitian strategi personal selling dalam penjualan produk SIMASTER. Subjek penelitian ada dua orang. Analisis data bertujuan untuk mnyederhanakan hasil olahan data, sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami. Data dikumpulkan dengan cara Observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisa data melalui tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Jawa Timur Kantor Cabang Banjarwati Lamongan menggunakan enam langkah dari tujuh langkah personal selling. Yaitu : prospecting, approach, presentation, handling objection, closing, follow up. Enam langkah yang diterapkan secara maksimal oleh BMT memberikan hasil penjualan yang baik pada produk SIMASTER. Namun peneliti menyarankan untuk lebih mempertimbangkan lagi dalam penerapan langkah pra pendekantan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. ENGLISH: KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Branch Office of Banjarwati Lamongan is a financial institution that is engaged in gathering the funds, and the distribution of funds. One of the products of gathering the funds proliferated is a product of savings SIMASTER (mistress of the prosperous society). More than half the assets of BMT in the form of cash is the result of gains from the sale of products SIMASTER. The success of the sales of these products are certainly not escape the marketing strategies applied to the KSPPS BMT Mandiri Sejahtera Branch Office Banjarwati. Known from the beginning of the interview results by researchers, that in the market SIMASTER, BMT using personal selling strategy. This research uses qualitative descriptive method where it aims to describe systematically about the focus of strategy research personal selling in SIMASTER product sales. There are two people who become the subject in this research. Data analysis aims to simplify the result easy to read and understand. The data is collected by observation, interview, and documentation. Data analysis through three stages of data reduction, data presentation, and conclution (verification). The result of the research shows that KPPS BMT Mandiri Sejahtera East Java Branch Office of Banjarwati Lamongan uses six stages from seven stages of personal selling. Those are : prospecting, approach, presentation, handling objection, closing, follow up. Six stages that are applied to the maximum by the BMT provides good sales results on the product SIMASTER. But the researchers suggested to further consider it again in the implementation of the steps "pre approach" in order to get maximum results. 

File :
15530016.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang