DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara kecerdasan emosional dengan pemilihan strategi coping stres pada mahasiswa baru Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Karimatannisa, Zitny
Subject
170109 Personality, Abilities and Assessment 
Datestamp
2015-08-11 02:25:19 
Abstract :
INDONESIA: Mahasiswa baru merupakan status yang disandang oleh mahasiswa di tahun pertama kuliahnya. Rentang usia mahasiswa baru berada dikisaran 18-21 tahun, usia ini merupakan masa transisi remaja menuju dewasa awal, masanya menuju kematangan pribadi. Mereka diharapkan dapat memenuhi tanggung jawab orang dewasa, dituntut untuk siap dan cerdas secara emosi. Tuntutan tersebut dapat memunculkan kekhawatiran akan kegagalan tujuan. Peneliti tertarik untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi (sebagai variabel bebas), dengan pemilihan strategi coping (sebagai variabel terikat), yang kemudian diujikan kepada mahasiswa baru di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan mengambil sampel sebanyak 95 orang mahasiswa baru, dengan metode wawancara dan kuesioner. Kemudian untuk mengetahui hubungan di antara kedua variabel tersebut, digunakan teknik analisis korelasi product moment dari Pearson. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa, tingkat kecerdasan emosi mahasiswa baru mayoritas berada pada kategori ?sedang? dengan prosentase 61%, dan lebih memilih menggunakan strategi problem focused coping dengan prosentase 53%. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional mahasiswa baru dengan pemilihan strategi coping stres. Dengan demikian, dari penelitian ini diperoleh sebuah indikasi bahwa mahasiswa baru yang sedang melalui masa transisi dari remaja menuju dewasa awal, telah memiliki kecerdasan emosional yang cukup, sehingga mendukung dalam penyelesaian permasalahan-permasalahan yang dihadapi dengan baik. ENGLISH: New undergraduate students is the status for the student in the first year in undergraduate program in university. The age range of new students is around 18-21 years old, this age is a transition period from early adolescence to adulthood, it is time for people towards personal maturity. They are expected to meet the responsibilities that require emotional maturity. It can raise the fear about their unsuccessful goals. Researchers attracted to investigate the relationship between emotional intelligence (as independent variables), with the selection of coping strategies (as the dependent variable), which is then tested to new undergraduate students in Accounting students in Brawijaya University, Malang. This study is a correlational research. It takes 95 new students as samples. The data collections use interview and questionnaire method. Then, to determine the relationship between these two variables, researcher use Pearson?s product moment correlation. From this study showed that, the level of emotional intelligence are the majority of new undergraduate students in the category "average" with the percentage of 61%. They prefer to use problem focused coping strategies with the percentage of 53%. From this study it can be concluded that there is a significant relationship between emotional intelligence with the selection of a new student stress coping strategies. Thus, from this study could be obtained the indication new undergraduate student who is in a period of transition from adolescence to early adulthood, has had enough emotional intelligence. It can support them to resolve their problems. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang