DETAIL DOCUMENT
تطوير كتاب "دروس اللغة العربية" باستخدام برنامج مكرو ميديا فلاش لترقية مهارة القراءة في معهد أنصار السنة كمبار رياو
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Linur, Rahmat
Subject
 
Datestamp
2018-02-14 00:07:37 
Abstract :
?????? ????? ????? ??? ????? ????? ????? ??????? ????? ??????? ?????????? ??? ?? ???? ?????? ???????. ?????? ??? ?? ???? ?????? ?? ??????? ???: ?? ????? ???????? ???? ???????? ?????? ???????. ???? ????? ???? ???????? ?? ?????? ??? ???? ???? ?????? ??????? ?????? ??????? ???? ?????? ???? ?????? ????? ????? ???? ?????? ???? ????. ?????? ??? ???????? ??? ?????? ???? ???? ????? ??????? ???????? ?????? ???? ????? ???? ?????? ????? ???????. ?????? ??? ????? ?? : ?????? ???? ???? ????? ??????? ???????? ?????? ???? ????? ???? ?????? ????? ??????? ???? ??????? ??? ???? ??? ??????? ????? ??? ????????. ???? ?????? ????? ?????? ????? ???? ???? ????? ??????? ?????? ??????? ???????? ?? ?????? ???? ????? ???? ?? ????? ????? ???????. ??????? ???????? ?? ??? ????? ?? ?????? ?????? ?????? ?????? ?? ????? ????????? ???? ??? ??? ????? ???? ???? ???? ????? ??? ????? : ???? ???? ???? ????? ??????? ???????? ?????? ???? ????? ???? ??????? ??? ?????? ?? ????? ????? ??????? ????????? ??? ??? ??? ????? ????????? ?? ??????? ?? ??????? ???? ?????? ??????? 27 ?? ???? ????? ?????? ?? ???? "??? ???" ???????? 25 ?? ???? ????? ?? ????? "???"?????? 28 ?? ???? ????? ?????? ?? ????? "??? ???". ???????? ????????? 87,5% ?? ???????? ??? ?? ???? "??? ???" ??? ?????? ??????? ?? 80- 100%. ?? ?????? ?????? ???????? ?????? ???? ??????? ?? 65,260 ???? ?????? ?????? ???????? ?????? ?? 77,91. ABSTRACT Seeing the importance of learning Arabic language especially in learning media, then we must pay attention how the learning, but the authors found that many problems in the learning include: the learning process used by teachers is a classical method. And it is this situation that causes the students not be able to hear Arabic texts and speak Arabic well, and unable to read the text as well as in writing correctly, and to prevent this problem the authors proposes a durusullugho book with macromedia flash for reading comprehension. And the purpose of this research is: to produce a product that contains the material of durusullugho book by using macromedia flash to improve reading skill ability for second grade madrasah tsanawiyah pesantren anshor al sunnah, so this media become interesting for students. The authors propose a tool to measure the effectiveness of learning durusullugho book using macromedia flash for reading skills, while the approach used qualitative and quantitative approaches and methods of development with the model of broog and gall. The results of this study are: macromedia flash-based durusullugho material developed effectively in increasing students in reading skills, seen when the questionnaire results from a material expert that is excellent whereas the first good design expert and the second design expert is excellent, while the student questionnaire results 87.5% puts on a good count with 80-100%. The average score of previous exams for the experimental class is 65,260, while the mean score of the test afterwards increases to 77,91 ABSTRAK Melihat pentingnya pembelajaran bahasa arab khususnya dalam media pembelajaran, maka kita harus memperhatikan bagaimana pembelajarannya, namun penulis menemukan bahwasanya banyak persoalan didalam pembelajarannya diantaranya: bahwasanya proses pembelajaran yang digunakan guru adalah metode klasik. Dan keadaan inilah yang menyebabkan santri tidak mempu mendengar teks arab dan berbicara bahasa arab dengan baik, serta tidak mampu didalam membaca teks begitu juga didalam menulis dengan benar, dan untuk mencegah permasalahan ini maka penuis mengajukan kitab durusullugho menggunakan program macromedia flash untuk kemahiran membaca. Dan tujuan dari penelitian ini adalah : untuk menghasilkan sebuah produk yang berisi materi kitab durusullugho dengan menggunakan program macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca untuk kelas dua madrasah tsanawiyah pondok pesantren anshor al sunnah, sehingga media ini menjadi menarik untuk santri. Penulis mengemukakan alat untuk mengukur keefektifan pembelajaran kitab durusullugho dengan menggunakan multimedia yaitu macromedia flash untuk keterampilan membaca, adapun pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan metode pengembangan dengan model broog and gall. Hasil dari penelitian ini adalah : materi kitab durusullugho dengan menggunakan macromedia flash yang dikembangkan efektif dalam meningkat santri di dalam keterampilan membaca, terlihat ketika hasil angket dari ahli materi meyebutkan bahwa bagus sekali sedangkan ahli desain pertama meyebutkan bagus dan ahli desain kedua bagus sekali, sedangkan hasil angket dari murid 87,5% menyakatakan bagus sekali dengan hitungan 80-100%. Adapun nilai rata-rata ujian sebelumnya untuk kelas eksperimen 65,260, adapun nilai rata rata ujian sesudahnya meningkat menjasi 77,91 

File :
15721023.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang