DETAIL DOCUMENT
Implementasi pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal di SD Plus Al-Kautsar Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Mawarni, Widiya Ayu
Subject
 
Datestamp
2018-03-14 06:47:42 
Abstract :
INDONESIA: Peradaban dunia pendidikan memang sangat kompleks dan menarik di setiap perubahan kurikulum yang diterapkan, mengamati kurikulum 2013 yang masyhur dengan pembelajaran tematiknya, kecerdasan musikal disini merupakan kecerdasan yang identik dengan irama dan nada pada cara pembelajarannya, siswa belajar menggunakan cara belajar yang memanfaatkan metode pembelajaran sesuai cara belajar anak yang memiliki kecerdasan musikal dengan pembelajarannya menggunakan pembelajaran tematik integratif. Sekolah yang menerapkan pembelajaran yang telah tergambarkan, salah satunya adalah Sekolah Dasar Plus Al-Kautsar Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui perencanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal di kelas V SD Plus Al-Kautsar Malang. (2) Mengetahui proses penerapan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal di Kelas V SD Plus Al-Kautsar Malang. (3) Mengetahui proses penilaian pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal di Kelas V SD Plus Al-Kautsar Malang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal berpedoman pada RPP dan Silabus. Rancangan pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal ini, tidak jauh beda dengan RPP tematik pada umumnya, namun pada kegiatan pembelajarannya disesuaikan dengan cara belajar kecerdasan anak musikal. (2) Pelaksanaan implementasi pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal, pada awal pembelajaran guru seringkali mengajak siswa untuk bernyanyi terlebih dahulu, atau tepuk-tepuk terlebih dahulu kemudian pada kegiatan pembelajarannya, guru seringkali menggunakan metode problem solving dan discovery learning. (3) Penilaian implementasi pembelajaran tematik berbasis kecerdasan musikal ini menggunakan penilain autentik, dimana yang dinilai terdiri dari 3 ranah diantaranya: afektif, kognitif dan psikomotorik. ENGLISH: Civilization education world generally is complex and fascinating in each of the curriculum changes applied. looks for 2013 curriculum that familiar with the tematic learning model moreover it will be attractive discuss with musical intelligence. Musical intelligence here is an education that identic with rhythm and tone education model, Students learn an appropriate methods adjust in a studied manner of musical intellegence with using thematic integrative learning . One of schools that reflected the learning methods before is primary school plus Al-Kautsar Malang. The aim of this research : (1) Examine thematic learning model planning based in musical intelligence on Fifth grade ,Primary School Al-Kautsar Malang. (2) Recognize the application process of thematic learning based intelligence musical on Fifth grade ,Primary School Al-Kautsar Malang. (3) Examine the evaluation process of learning thematic based musical intelligence on Fifth grade ,Primary School Al-Kautsar Malang. To reach the goal of this research the researcher using qualitative with descriptive qualitative method. Data collection done by interview , observation , and documentation method. Researcher took analyzed with reduce the irrelevant data , describe and conclude the result. The result showed that : (1) preparation of thematic learning following the musical intellegence based on the lesson plan and syllabus. Each Fifth grade teacher took coordinate then validate and deliver it to academic section while for the drafting process following lesson plans , syllabus and thematic book design by headmaster. This thematic learning plan based on musical intellegence is not different with lesson plans commonly, merely the lesson adjust with learning model of musical intellegence. (2) The implementation of thematic learning based on musical intellegence for student, teacher use many method in lesson. start with singing before the class and claps the hand, it is to get the focus of the student for following in any lesson morover teachers do problems solving and discovery methods in a lesson class. (3) The assesment of the implementation thematic learning based on musical intellegence using autentic assessment, which is assessed consisting in three: affective, cognitive and psychomotor. 

File :
13140037.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang