DETAIL DOCUMENT
Visi misi dan kompetensi pedagogik guru kelas : Studi multi kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ihsanul Amal Amuntai Kalimantan Selatan dan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Model Amuntai Kalimantan Selatan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Syarifuddin, Syarifuddin
Subject
 
Datestamp
2018-03-04 03:09:04 
Abstract :
INDONESIA: Guru kelas mungkin tampak lebih Multi talenta dari guru bidang studi. Namun, tentu tidak semua mata pelajaran yang dikuasai dengan sangat baik. Maka sebab itu guru kelas harus memiliki visi misi yang jelas serata kompetensi pedagogik yang harus dikuasai agar dapat memberikan pelajaran dengan baik dan terarah. Adapun tujuan penelitian ini Pertama, mengidentifikasikan dan mendeskripsikan visi dan misi guru kelas di SDIT Ihsanul Amal dan MIN Model Amuntai. Kedua, Mengetahui Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SDIT Ihsanul Amal dan MIN Model Amuntai. Ketiga, Fungsi Visi Misi, dan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas dalam mendukung keberhasilan pembelajaran di setiap mata pelajaran yang di pegang oleh Guru Kelas di SDIT Ihsanul Amal dan MIN Model Amuntai. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi Multi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi di SDIT Ihsanul Amal dan MIN Model Amuntai. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Dari penelitian ini diperoleh hasil (1) Visi misi guru kelas searah dengan visi yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. (2) guru kelas memiliki kompetensi pedagogik yang sangat baik sehingga dalam memberikan pelajaran lebih mudah dan dimengerti. (3) dengan adanya visi misi guru lebih memiliki rasa yang semakin meningkat terhadap tujuan dengan sasaran yang ingin dicapai sekolah, guru lebih memiliki tanggung jawab, guru lebih percaya diri, guru lebih memiliki ide yang beragam tentang masa depan, dan guru memiliki komitmen yang tinggi. ENGLISH: The classroom teacher may appear to be more of a multi talent than the teacher of the field of study. However, certainly not all subjects are mastered very well. Therefore, the classroom teacher must have a clear vision of the mission as well as the pedagogic competence that must be mastered in order to give the lesson well and directed. The purpose of this research First, to identify and describe vision and mission of classroom teacher in SDIT Ihsanul Amal and MIN Model Amuntai. Second, Knowing the Competence of Pedagogic Class Teachers at SDIT Ihsanul Amal and MIN Model Amuntai. Third, the Mission Vision, Mission and Pedagogic Competencies of Class Teachers to support the success of learning in each subject held by the Class Master at SDIT Ihsanul Amal and MIN Model Amuntai. In this study researchers used a qualitative approach to the type of study Multi case study. Data collection techniques were conducted by documentation, in-depth interviews and observations at SDIT Ihsanul Amal and MIN Model Amuntai. After the data obtained then analyzed, while checking the validity of data is done by triangulation of sources and methods. From this research, the results obtained (1) Vision mission of classroom teachers with the vision that has been established by the school. (2) classroom teachers have excellent pedagogic competencies so that in giving lessons easier and understandable. (3) with the vision of the mission the teacher has more an increased sense of purpose with the goals to be achieved school, teachers have more responsibility, teachers more confident, teachers have more diverse ideas about the future, and teachers have a high commitment . 

File :
14761012.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang