DETAIL DOCUMENT
Pengaruh teknik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama Bululawang Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Firdausi, Rofiqoh
Subject
 
Datestamp
2018-03-04 03:08:30 
Abstract :
INDONESIA: Adanya kurikulum 2013, menekankan siswa untuk lebih berfikir secara integratif dalam sebuah subtema. Guru dalam membelajarkan subtema ini diperlukan tekhnik pembelajaran yang efektif untuk memberikan pemahaman konsep yang utuh dan motivasi belajar siswa. Salah satu tekhnik pembelajaran yang efektif adalah tekhnik pembelajaran NHT dalam meningkatkan pemhaman konsep dan motivasi belajar pada subtema macam-macam sumber energi daripada pembelajaran yang menggunakan tekhnik konvensional. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) untuk menjelaskan ada tidaknya perbedaan tingkat pemahaman konsep subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV yang belajar dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional, dan 2) untuk menjelaskan ada tidaknya membedakan tingkat motivasi belajar subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Variabelnya terdiri dari 2 yaitu: variabel bebas (tekhnik pembelajaran NHT) dan variabel terikat (pemahaman konsep dan motivasi belajar). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di MINU Bululawang, dan sampelnya adalah siswa kelas IV B dan IV E. Pengumpulan data pemahaman konsep melalui pre-test untuk mengukur kemampuan awal siswa. Setelah itu, dilakukan kegiatan post-test dengan uji-t. Sedangkan untuk mengukur motivasi melalui hasil angket menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Hasil Penelitian ini terdiri dari: 1) tingkat pemahaman konsep subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV yang belajar dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional sebesar 0,429 (hasil dari uji-t) dan 2) tingkat motivasi belajar subtema macam-macam sumber energi siswa kelas IV dengan tekhnik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebesar 0,733 lebih baik daripada tekhnik pembelajaran konvensional yang hanya sebesar 0,704. Tentunya hal ini lebih besar daripada r tabel = 0,361. ENGLISH: The 2013 curriculum demands students to have a more integrative thinking in a subtheme. In teaching this subtheme, teachers are required to have effective learning techniques to provide a complete understanding of learning concepts and student learning motivation. One of the effective learning techniques is the NHT learning technique in improving the learning concept and learning motivation on the subtheme of various energy sources rather than learning using conventional techniques. This study aims to: 1) explain the presence or absence of different levels of understanding of the sub-themes concept of various energy sources for fourth grade students who learn using Numbered Head Together (NHT) techniques, whether it is better than conventional learning techniques or not, and 2) explain whether there is any learning motivation level to learn various energy sources sub-theme for fourth grade students by using Numbered Head Together (NHT) learning techniques, and whether it is better than conventional learning techniques or not. In this study, researchers use a quantitative approach, with a quasi-experimental research type. The variables consist of 2 variables, namely: independent variable (NHT learning technique) and dependent variable (learning concept and learning motivation understanding). The population in this research is the fourth grade students in MINU Bululawang, and the sample is the fourth grade students of B and E Class. Data collection of conceptual understanding through pre-test to measure students' initial ability. After that, a post-test activity with a t-test is performed. Meanwhile, to measure the motivation through the questionnaire using validity test and reliability test. The results of this study are: 1) the level of understanding of subtheme concepts of various energy sources of grade IV students learning by means of learning Numbered Head Together (NHT) is better than conventional teaching techniques of 0,429 (result of t-test) and 2) the level of motivation to learn the subtheme of various energy sources of students of class IV with the technique of learning Numbered Head Together (NHT) of 0,733 is better than conventional teaching techniques which only amounted to 0,704. Surely this is greater than r table = 0,361. 

File :
15760018.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang