DETAIL DOCUMENT
Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Jannah, Muzdalifatuz Zahrotul
Subject
 
Datestamp
2018-03-04 03:08:02 
Abstract :
INDONESIA: Prestasi belajar merupakan hasil pencapaian peserta didik dalam mengerjakan tugas atau kegiatan pembelajaran. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah fasilitas belajar sedangkan faktor internalnya adalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh fasilitas belajar dan motivasii belajar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang menggunakan angket angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, yang didahului dengan uji asumsi analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolnieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. (2) ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) ada pengaruh signifikan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. ENGLISH: Learning achievement is a result gained by students for their assignments or activities. It is may influenced by several internal and external factors. Internal factor is from the students themselves, while the external one is from the outside of the students. In the study, the external factor refers to learning facilities and the internal factor refers to learning motivation. The study aims to: (1) analyze and describe the influence of learning facilities on students? learning achievement, (2) analyze and describe the influence of learning motivation on students? learning achievement, (3) analyze and describe the influence of learning facilities and motivation on students? learning achievement. The study is a correlational quantitative research. The population consists of V graders of MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang. The samples of 48 students are taken using total sampling technique. The data is collected using questionnaire and documentation. Then, it is analyzed using multiple linear regression, t-test, F-test, coefficient of determination, preceded with analysis assumption test such as normality, linearity, multicollinearity, heteroscedastity and autocorrelation test. The result shows that: (1) Learning facilities has a significant influence on students? learning achievement. (2) Learning motivation has a significant influence on students? learning achievement. (3) Learning facilities and motivation have a significant influence on students? learning achievement. 

File :
15760035.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang