DETAIL DOCUMENT
Implementasi program keagamaan dalam membentuk nilai karakter disiplin pada siswa di MTSN Lawang Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Jamil, Abdul
Subject
 
Datestamp
2020-02-04 03:16:25 
Abstract :
ABSTRAK Program Keagamaan dalam dunia pendidikan terutama di Indonesia lebih-lebih di lingkungan madrasah bukanlah hal yang bersifat baru. Hal ini disebabkan budaya untuk mengamalkan nilai-nilai agama dalam proses pendidikan di madrasah sudah sangat mendarah daging, bahkan sebagian besar latar belakang berdirinya madrasah adalah untuk menggali dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Islam. MTsN Lawang Kabupaten Malang merupakan madrasah negeri dibawah naungan Kementrian Agama RI yang keberadaanya dalam tahun-tahun terakhir ini menjadi madrasah yang patut diperhitungkan prestasinya baik akademik maupun non akademik di wilayah lokal bahkan di tingkat nasional. Penelitan ini bertujuan untuk mengungkapkan implementasi Program Keagamaan dalam upaya membentuk karakter disiplin pada siswa di MTsN Lawang Kabupaten Malang dengan sub fokus mencakup: (1) perencanaan kegiatan program keagamaan, (2) pelaksanaan program keagamaan, (3) evaluasi dampak program keagamaan dalam membentuk karakter disiplin yang dilakukan oleh MTsN Lawang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informasi penelitian yaitu Kepala Madrasah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Pembina Keagamaan, para pendidik dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) analisis yang dilakukan oleh MTsN Lawang yang menghasilkan kegiatan keagamaan sebagai upaya menjawab kebutuhan lembaga pendidikan dalam membentuk karakter disiplin pada peserta didik; (2) implementasi program keagamaan yang diklasifikasikan dalam bentuk kegiatan harian, mingguan dan bulanan yang didukung oleh seluruh komponen madrasah; (3) evaluasi kegiatan program keagamaan yang telah dilaksanakan mempunyai dampak dalam pembentukan karakter disiplin kepada siswa serta pengaruh lain dalam bidang akademik maupun akademik ABSTRACT Program Keagamaanin Indonesian Education of Islamic schools is not a new implementation because they do it in their educational processes. Moreover, the background of Islamic schools establishment is to dig and implement the Islamic values. State Islamic Junior High School Lawang, Malang is a state school under the protection of Religious Ministry of Republic of Indonesia which recently achieves performances in academic and non-academic in the levels of local and national. This research aims to discover the implementation of Program Keagamaanin the effort of discipline character building for the students of State Islamic Junior High School Lawang, Malang with the sub focuses: (1) The planning activity of Program Keagamaan, (2) The implementation of Program Keagamaan, (3) The evaluation of Program Keagamaaneffect in the discipline character building implemented by State Islamic Junior High School Lawang, Malang. This research uses qualitative approach with data collection through deep interview technique, participative observation, and documentation. The data analysis technique includes data reduction, data presentation and conclusion. The validation of findings is done by researcher participation; triangulation technique by using many sources, theories and methods; and the continuous observation. The research informants are School Principal, Vice Principal of Curriculum, Vice Principal of Student Section, Religious Counselor, Teachers and Students. The results show that: (1) The analysis done by State Islamic Junior High School Lawang, Malang creates Program Keagamaanas an effort to answer the education institution needs in discipline character building for the students; (2) The Implementation of Program Keagamaanis classified in daily, weekly, and monthly activities supported by every school complonent; (3) The evaluation of Program Keagamaanactivities has influence in the discipline character building for the students and has other influence in the academic and non-academic sectors 

File :
14771022.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang