Abstract :
INDONESIA:
Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuannya maupun sisi transmisi dan intensitas keilmuan umat Islam. Derasnya arus globalisasi telah mengancam eksistensi pesantren sehingga muncul gagasan modernisasi dilingkungan pesantren demi menjawab tantangan kebutuhan transformasi sosial. Akan tetapi banyak kalangan mengkhawatirkan tentang gagasan modernisasi pesantren yang berorientasi kekinian dapat mempengaruhi idenitas dan fungsi pokok pesantren.
Fokus penelitan iniadalah: Bagaimanakah pemikiran pengasuh di PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi tentang kolaborasi antara tradisionalisme dan modernisme?Bagaimanakah upaya pengasuh dalam mempertemukan pemikiran antara tradisionalisme dan modernisme di PP.Darussalam Blokagung Banyuwangi? Bagaimanakah dampak dari pemikiran pengasuh tentang kolaborasi antara tradisionalisme dan modernisme terhadap perubahan PP.Darussalam Blokagung Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang pemikiran pengasuh tentang kolaborasi antara tradisionalisme dan modernisme; upaya pengasuh dalam mempertemukan pemikiran antara tradisionalisme dan modernisme; dan dampak dari pemikiran pengasuh tentang kolaborasi antara tradisionalisme dan modernisme terhadap perubahan PP.Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat memperkaya khazanah ilmiah dalam tradisi dan budaya pendidikan tinggi di Indonesia, terutama yang berkaitan dengan tradisionalisme dan modernisme pondok pesantren, serta bermanfaat juga bagi para pembaca dan penambahan Karya Ilmiah Perpustakan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan sumber data primer mencakup segala elemen di PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi seperti; kiyai, pengurus, ustadz/ah, alumni, dan santri. Dan Sumber data sekunder mencakup referensi maupun penelitian yang berhubungan dengan pesantren dan pemikiran tentang tradisionalisme dan modernisme baik berupa kritik maupun komentar, selain itu juga mencakup referensi lain yang berkaitan dengan PP. Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Kesimpulan: semua pengasuh berpegang teguh pada prinsip ajaran mbah yai, maka PP. Darussalam Blokagung adalah pesantren yang mampu mengolaborasikan tradisionalisme dan modernisme tanpa adanya pertentangan dari manapun. Dalam menghadapi perbedaan apapun, penyelesaian masalahnya adalah dengan melakukan musyawarah atau rapat. Sehingga perbedaan atau pertentangan tersebut tidak pernah terjadi. Berbagai macam perubahan yang dilakukan membuktikan bahwa PP. Darussalam adalah pesantren yang dapat bertahan di tengah arus globalisasi saat ini dengan tetap mempertahankan tradisi khasnya. Saran: perlu adanya upaya-upaya yang lebih variatif dalam kaitannya memenuhi tuntutan zaman dan arus globalisasi.
ENGLISH:
Pesantren (Islamic Boarding School) is an Islamic educational institution that has the advantages of both scientific tradition and transmission side, and the intensity of Islamic scholarship. The swift flow of globalization that threatened the existence of pesantren has raised the idea of modernization in the environment of pesantren to answer the challenge of social transformation needs. However, many people are worried that the idea of modernization of pesantren is merely contemporary oriented and may affect the identity and ideology of pesantren itself.
The focus of this research is: How does the leaders of Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi think about the collaboration between traditionalism and modernism? What are their efforts in bringing together the idea between traditionalism and modernism in Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi? What are the impacts of the leader's thinking about the collaboration between traditionalism and modernism towards the change of Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi?
The purpose of this research is to know about the leaders? thoughts on the collaboration between traditionalism and modernism; their efforts to reconcile between traditionalism and modernism; And the impact of the leaders? thoughts on the collaboration between traditionalism and modernism towards the change of Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi.
This research is expected to have the benefit of enriching the scientific treasures in traditions and cultures of higher education in Indonesia, especially those related to traditionalism and modernism of pesantren, and also benefits for readers and as an addition of Scientific Works for the Library of Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
This study used a qualitative approach of case study type, with primary data source covering all elements in Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi such as; Kiyai, administrators, teachers, alumni, and students. And secondary data sources including references and researches relating to pesantren, traditionalism, and modernism in the form of