DETAIL DOCUMENT
Strategi pengawas Pendidikan Agama Islam untuk membina kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam: Studi multisitus pengawas Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Sukun Kota Malang dan di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Lutfi, Hasan
Subject
 
Datestamp
2018-02-22 08:21:45 
Abstract :
ABSTRAK Tugas Pengawas PAI diantaranya membina, memonitor, mengawasi, serta menilai guru PAI untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam. Dalam proses pendidikan, guru PAI dituntut memiliki dan menguasai kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian. Pengawas PAI melalui program kerjanya melakukan pembinaan bagi guru PAI terdapat berbagai program dan kegiatan yang dapat meningkatkan dan mendorong untuk senantiasa belajar baik dalam hal sikap, kemampuan, pengetahuan maupun keterampilan sehingga memberikan dampak positif dalam mengembangkan kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian. Untuk mengembangkan kualitas guru yang memiliki kompetensi yang baik dibutuhkan strategi, cara, langkah, pendekatan secara keseluruhan yang dilakukan seorang Pengawas PAI. Penelitian ini bertujuan (1) Ingin mengetahui strategi Pengawas PAI dalam membina Guru PAI, (2) mendeskripsikan implementasi strategi Pengawas PPAI dalam membina Guru Pendidikan Agama islam (GPAI), (3) mendeskripsikan implikasi dari strategi Pengawas PAI dalam membina Guru PAI di kecamatan Sukun Kota Malang Dan di kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pemgumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibelitas dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengawas PAI telah membuat strategi dengan memperhatikan tujuan pembinaan, sasaran dan target yang diharapkan, mengetahui peluang dan hambatan kesulitan yang dihadapi guru PAI, menyusun program tahunan dan semester, dan rencana pembinaan. Strategi itu tertuang dalam program kerja. (2) dalam melaksanakan strategi pengawas PAI mensosialisasikan kepada stakeholder yang bersentuhan langsung maupun tidak langsung dengan pendidikan agama Islam, mulai dari unsur pengawas umum, kepala sekolah, maupun guru PAI sendiri. Mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak. Memotivasi GPAI untuk meningkatkan kompetensinya. Dalam pembinaan guru PAI pengawas PAI. Pendekatan yang dipakai kolaborasi. Tehnik yang digunakan dengan individu maupun kelompok. Pembinaan dilakukan melalui pertemuan formal maupun nonformal. Mengikutkan diklat, seminar, workshop. Untuk mengevaluasi pembinaan pengawas PAI melakukan beberapa kunjungan kelas, melakukan monitoring dan evaluasi pembelajaran dengan kunjungan ke kelas, mengadakan tanya jawab problem solving dengan guru PAI. (3) Secara umum strategi pengawas PAI dalam membina memberikan hasil yang positif, pembinaan yang dilaksanakan pengawas PAI memiliki dampak Implikasi positif pada kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru PAI. ABSTRACT There are some responsible activities of Islamic Education supervisors, encompassing training, monitoring, supervising and evaluating Islamic Education teachers to advance the Islamic Education quality. In educational process, PAI teachers are highly expected to own and master pedagogic, professional, social, and personal competences. PAI teachers through their academic programs and performances conduct a training to the PAI teachers. Here, there are some programs and events that can elevate and fully encourage the teachers to learn many aspects in the form of afective, cognitive, and psychomotor. This research is harnessed (1) to reveal the stratagies of PAI supervisors in training PAI teachers, (2) to describe implementations of PAI supervisor strategy in training the PAI teachers (GPAI), (3) to describe implications of PAI supervisor strategies in training PAI teachers in Sukun of Malang and in Wagir, Malang. This research employs the qualitative approach under case study design. The techniques of data collection function observations, interviews and documentations. The technique analysis uses data reduction, data display and conclusion. To optimally validate the trustworthy of the research, the researcher uses credibility test by data triangulation. The research findings exemplify that (1) the PAI supervisors have set strategies by seeing the supervision objectives, targets and output that are supposed to detect the chances and obstacles experienced by PAI teachers. Besides, they have created annual and semester programs, and training plans. Those strategies are stipulated in academic programs. (2) the implementation of PAI teacher supervisions is done by socializing the training to the stakeholders that (in)directly get involved with Islamic education, begun with the aspects of general supervisors, princiipals and PAI teachers. Additionaly, they build cooperation with others and motivate PAI teachers to develop their competences. It is found that the collaborative approach is used to train the PAI teachers with the use of individual and tehnique technique. The formal and non-formal training is done through joining tr 

File :
14710059.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang