DETAIL DOCUMENT
Supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam: Studi Multikasus di MI Hidayatul Muttaqin Blayu dan SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Author
Ujarwanto, Pawiro
Subject
 
Datestamp
2018-02-22 08:21:16 
Abstract :
ABSTRAK Supervisi akademik diselenggarakan dalam bentuk kegiatan pembinaan, pemantauan dan penilaian kinerja guru untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran seperti merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar agar terncapai tujuan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis model pendekatan perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja GPAI di MI Hidayatul Muttaqin Blayu dan SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis Strategi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja GPAI di MI Hidayatul Muttaqin Blayu dan SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak, dan (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja GPAI di MI Hidayatul Muttaqin Blayu dan SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Pengumpulan data melalui tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru PAI dan Guru umum/kelas. Tehnik analisis data, menggunakan model analisis interaktif. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa supervisi akademik Kepala MI Hidayatul Muttaqin Blayu dan SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak dalam meningkatkan kinerja guru PAI (1). Perencanan supervisi akademik Kepala sekolah dirumuskan dengan menggunakan model pendekatan kolaboratif, disusun pada awal tahun. Jenis programnya meliputi Program Tahunan, Program Semester yang disusun berdasarkan identifikasi, analisa dan evaluasi tahun sebelumnya. (2) Strategi supervisi akademik kepala sekolah yang ditempuh adalah; pendelegasian wakil kepala sekolah dan guru senior untuk melaksanakan supervisi, menggunakan teknik supervisi langsung dan tidak langsung meliputi supervisi guru terhadap kemampuan merencanakan, melaksanakan pembelajaran dan mengevaluasi hasil belajar dengan membangun komunikasi yang aktif dengan guru, menggunakan pendekatan direktif maupun kolaboratif, tehnik individu dan kelompok. (3) Evaluasi supervisi akademik kepala sekolah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru senior yang telah ditunjuk, dilaksanakan pada akhir semester untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah pendekatan, metode/strategi supervisi yang telah dilakukan kepala sekolah ABSTRACT Academic supervision is held in a form of development and monitoring programs as well as the assessment of teacher?s performance to help them develop their ability in managing the learning process such as designing lesson plan, teaching process and evaluating the lesson in order to accomplish the learning objectives. The objectives of this study were to determine and analyze (1) the design of principal?s academic supervision in improving the GPAI performance in MI Hidayatul Muttaqin Blayu and SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak, (2) the evaluation of academic supervision of principals in improving GPAI performance in MI Hidayatul Muttaqin Blayu and SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak, and (3) the strategy of academic supervision of principals in improving GPAI performance in MI Hidayatul Muttaqin Blayu and SD Negeri Sukoanyar 1 Wajak. This study used a qualitative approach with case study design. The data collections were done through interview, observation, and documentation. The data sources consist of the principal, vice principal, Islamic Education teacher and general/ homeroom teachers. The analysis of the data employed interactive analysis model. The checking of data validity was done by credibility, transferability, dependability, confirmability, The results of this study showed that, first, the design of principal?s academic supervision was formulated by not only the principal but also senior teachers at the beginning of the year. The school work programs consisted of annual and semester program based on the identification, analysis and evaluation from the previous year. Second, academic supervision of the principal used direct and indirect supervision technique which covered the teacher?s ability on planning, implementing and evaluating the learning outcomes by establishing active communication with teacher through both directive and collaborative approach, individuals? technique, peer groups, KKG meetings, and teachers? delegation for workshop. Third, the evaluation of academic supervision was conducted by the principal and senior teachers and carried out twice a year, also the analysis for the results of the academic supervision?s implementation and evaluation would be used as a guideline for designing the next program 

File :
14710062.pdf
Institution Info

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang