DETAIL DOCUMENT
OPINI BURUH TENTANG IKLAN LAYANAN MASYARAKAT JAMSOSTEK DI TELEVISI. (Studi Deskripstif Opini Buruh Yang Bekerja Di Kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut/SIER Tentang Iklan Layanan Masyarakat Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) Versi Pengusaha Bat
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
ABDUR , RAUF
Subject
P87 Communication. Mass Media 
Datestamp
2011-03-10 09:23:08 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui opini buruh yang bekerja di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut/SIER tentang iklan layanan masyarakat Jamsostek versi ?pengusaha batik? di televisi. Opini buruh dapat dilihat dari arah opininya, yaitu opini positif, opini negatif, atau opini netral terhadap iklan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Stimulus-Organism-Response, Periklanan, Buruh Sebagai Pemirsa Televisi, Opini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah buruh yang bekerja di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut/SIER yang pernah melihat iklan layanan masyarakat Jamsostek versi ?pengusaha batik? dengan asumsi responden mengerti tentang apa yang sedang diteliti yang nantinya akan berpengaruh pada keakuratan data yang dihasilkan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan tipe accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan buruh yang menjadi responden memberikan opini positif terhadap iklan layanan masyarakat Jamsostek versi ?pengusaha batik? yang ditayangkan di televisi. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur