Abstract :
ABSTRAKSI
YULIANA DEWI SRI A.S, REPRESENTASI STRATEGI PELAYANAN DALAM
IKLAN MCDONALD?S VERSI ?KELAPARAN TENGAH MALAM? DI
TELEVISI. (Studi Semiotika Representasi Strategi Pelayanan dalam Iklan
McDonald?s versi ?Kelaparan Tengah Malam? di Televisi).
Penelitian ini didasarkan pada masalah pelayanan kepada konsumen, kita akan
teringat ketika kita datang ke sebuah restoran dengan pelayanan yang kurang memuaskan
pasti kita sebagai pelanggan atau konsumen akan kecewa atas pelayanan yang diberikan.
Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, tampaknya perlu dikaji tentang
bagaimana sebuah pelayanan dapat dikatakan baik dan memuaskan, yang dapat
memenuhi keinginan konsumen. Karena kualitas yang baik sebuah restoran dapat
ditunjang dari pelayanannya melalui strategi pelayanan yang tepat. Penelitian ini
menaruh perhatian pada strategi pelayanan, karena dengan begitu diharapkan perusahaan
dapat menikmati keuntungan lain seperti produk jasa terdiferensiasi dan juga membangun
loyalitas konsumen sehingga menjadi keunggulan tersendiri agar konsumen tidak
berpaling ke produk lain atau perusaan/restoran lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui makna yang terkandung pada penggambaran strategi pelayanan dalam iklan
McDonald?s versi ?kelaparan tengah malam ? di Televisi.
Dengan pemilihan model semiotika Jhon Fiske, tanda-tanda dalam tatanan
gambar bergerak (iklan) tersebut telah dikombinasikan menjadi kode-kode, untuk
memungkinkan suatu pesan disampaikan dari komunikator ke komunikan (penonton).
Adapun tanda-tanda tersebut oleh Jhon Fiske dikategorikan menjadi tiga level kode,
yakni level realitas, level representasi dan level ideologi untuk membagi scene-scene
pada iklan yang diteliti. Untuk memperdalam kajian analisis, peneliti juga menggunakan
model semiotika Roland Barthes, yakni lima kode yang dibagi oleh Barhtes seperti kode
hermeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proaretik dan kode gnomik atau kode
kultural. Hal tersebut bertujuan agar memperkuat tinjauan analisis peneliti.
Data yang terdapat dalam objek penelitian dibagi menjadi lima analisis data.
Dalam teknik analisis data yang akan dilakukan penulis yakni scene-scene yang ada
diseleksi, diklasifikasi, dianalisis, diintepretasikan, kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil analisis ini berdasarkan analisis data yang didapat dari potongan-potongan
shot didalam serangkaian scene iklan McDonald?s versi ?kelaparan tengah malam? di
Televisi yang merupakan konotasi-konotasi yang sengaja dibuat oleh pengiklan agar
audiens menemukan kode-kode yang tersembunyi di dalam wacana teks visualisasi dalam
iklan tersebut. Pengiklan memberikan ideologi dan pemahaman tentang strategi
pelayanan yang direpresentasikan kedalam pelayanan cepat, sopan dan memberikan
kenyamanan kepada pelanggan (konsumen).