Abstract :
Indonesia merupakan pasar yang potensial dan menggaraikan bagi produkproduk
solusi untuk pelengkap / kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja
merupakan peluang pasar yang cukup besar bagi perusahaan-perusahaan kecap untuk
berkembang diseluruh Indonesia. Upaya tersebut antara lain dengan menghasilkan
dan menyampaikan produk yang diinginkan konsumen sehingga dapat menimbulkan
keinginan untuk membeli. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap minat beli konsumen.
Dalam penelitian ini produk yang dibahas adalah kecap merek sedaap, dimana kecap
sedaap mengalami penurunan.
Penelitian ini menggunakan sampel peminat dan pengguna kecap sedaap yang
ada didaerah bratang gede dan bratang perintis, Surabaya. Responden yang dibedakan
berdasarkan jenis kelamin, usia dan jenis pekerjaan. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Struktural Equation Modelling (SEM). Teknik SEM
digunakan karena teknik ini memungkinkan pengujian rangkaian hubungan yang
relatif ? rumit? secara simultan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Atribut produk berpengaruh terhadap
minat beli konsumen, hal ini menunjukkan bahwa atribut produk mempunyai
pengaruh untuk menimbulkan minat beli yang berarti konsumen akan mencari
seluruh informasi mengenai kecap sedaap, kemudian mengevaluasi, jika konsumen
merasa produk tersebut dapat memberikan kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya
maka akan timbul keinginan untuk membeli.