DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KECAP SEDAAP DI SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
DIAN , SAVITRI
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2011-03-11 03:43:33 
Abstract :
Indonesia merupakan pasar yang potensial dan menggaraikan bagi produkproduk solusi untuk pelengkap / kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut tentu saja merupakan peluang pasar yang cukup besar bagi perusahaan-perusahaan kecap untuk berkembang diseluruh Indonesia. Upaya tersebut antara lain dengan menghasilkan dan menyampaikan produk yang diinginkan konsumen sehingga dapat menimbulkan keinginan untuk membeli. Berdasarkan pemikiran tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap minat beli konsumen. Dalam penelitian ini produk yang dibahas adalah kecap merek sedaap, dimana kecap sedaap mengalami penurunan. Penelitian ini menggunakan sampel peminat dan pengguna kecap sedaap yang ada didaerah bratang gede dan bratang perintis, Surabaya. Responden yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin, usia dan jenis pekerjaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Struktural Equation Modelling (SEM). Teknik SEM digunakan karena teknik ini memungkinkan pengujian rangkaian hubungan yang relatif ? rumit? secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Atribut produk berpengaruh terhadap minat beli konsumen, hal ini menunjukkan bahwa atribut produk mempunyai pengaruh untuk menimbulkan minat beli yang berarti konsumen akan mencari seluruh informasi mengenai kecap sedaap, kemudian mengevaluasi, jika konsumen merasa produk tersebut dapat memberikan kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya maka akan timbul keinginan untuk membeli. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur