Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
DININTA , SEPTIANTI HAPSARI.
Subject
P87 Communication. Mass Media
Datestamp
2011-03-14 08:36:22
Abstract :
Penelitian ini berdasarkan adanya fenomena gaya hidup Shopping Online
(Belanja Online) remaja yang di Surabaya melalui Facebook. Hal ini terkait
dengan gaya hidup remaja sekarang yang masih berada pada tahap pencarian
identitas diri, jadi banyak meniru apa yang dilihat dan didengar melalui media.
Jika ada barang model baru seperti pakaian, handphone, tas, sepatu, dan jam
tangan, mereka akan berlomba-lomba satu sama lain untuk mendapatkan barang
tersebut untuk menunjang eksistensinya.
Penelitian menaruh perhatian pada gaya hidup remaja dalam melakukan
Shopping Online melalui Facebook, baik berupa alasan, sifat, topik maupun nilainilai
dalam melakukan hal tersebut. Teori yang digunakan adalah Computer
Mediated Communications ( CMC ) dan Technological Determinism Theory.
Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah
metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataannya
ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek
peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh
terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
ialah metode deskriptif, yaitu data yg dikumpulkan berupa kata-kata.
Hasil penelitian ialah dapat mengetahui Motif Remaja di Surabaya dalam
melakukan Shopping Online melalui Facebook yaitu untuk eksistensi diri,
mencari barang-barang baru.
Kesimpulan yang dihasilkan yakni, remaja di Surabaya (informan
penelitian) merasa nyaman melakukan Shopping Online di Facebook, karena
kebutuhan dan keinginan mengenai gaya hidup remaja dapat terpenuhi oleh
Facebook.