Abstract :
Dianita Milanie, Motif Mahasiswa Surabaya Dalam Menggunakan Situs
Twitter Di Internet (Studi Deskriptif Motif Mahasiswa Universitas Kristen
Petra Di Surabaya Dalam Menggunakan Situs Twitter Di Internet)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif mahasiswa surabaya
dalam menggunakan situs twitter di internet.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Uses and
Gratification, Motif dan Komunikasi Interpersonal. Dalam hal ini motif yang
diteliti ada empat yaitu : motif informasi, motif identitas, diri, motif Integritas dan
interaksi sosial, serta motif hiburan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara
komunikasi interpersonal melalui media untuk meningkatkan dan menumbuhkan
hubungan interpersonal. Dan dengan menggunakan teori Uses and Gratication
yang menyatakan bahwa pemilihan dan penggunaan media ditentukan oleh
khalayak untuk memenuhi kebutuhan ? kebutuhan individu, yaitu : kebutuhan
kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan pribadi secara integratif, kebutuhan sosial
secara integratif, dan kebutuhan pelepasan, sehingga terfokus pada apa yang
dilakukan khalayak pada media.
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggunakan alat kuesioner
karena Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan
secara sistematis mengenai motif mahasiswa Surabaya dalam menggunakan situs
Twitter di Internet. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner terdiri :mengedit,
mengkode, dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya
dianalisis secara deskriptif setiap pertanyaan yang diajukan. Populasi penelitian
ini adalah mahasiswa surabaya yang memiliki situs twitter. Tekhnik penarikan
sampel yang digunakan adalah accidental sampling
Berdasarkan hasil analisis data yang menunjukkan bahwa motif
mahasisiwa surabaya dalam menggunakan situs twitter di internet tergolong
tinggi, karena di dalam menggunakan situs twitter di internet sudah dapat
memenuhi keinginan responden yang berkenaan dengan motif yang telah di
analisis.
Kesimpulan yang di dapat dari penelitian yang telah dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner, dari keempat motif yang diamati yaitu motif informasi,
motif identitas pribadi, motif integritas dan inetraksi sosial, serta motif hiburan,
dapat diketahui bahwa motif yang paling dominan dalam penelitian ini adalah
motif integrasi dan interaksi sosial yaitu sebanyak 84 orang responden (84%).
Dengan twitter, mahasiswa dapat berhubungan atau berkomunikasi dengan teman
? teman mereka maupun orang lain karena adanya dorongan untuk berhubungan
dengan orang lain dan berinteraksi sosial dengan orang lain sangat besar