Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna yang ada dalam iklan
Honda Supra X 125 versi ?Sang Raja Tampil Makin Keren dengan Warna Baru?
di surat kabar Jawa Pos.
Teori yang digunakan adalah teori mengenai tanda dalam iklan media
cetak, yang ingin mendalami makna dibalik penggambaran iklan Supra X 125
versi ?Sang Raja Tampil Makin Keren dengan Warna Baru? di media cetak,
melalui teori Semiotika Charles Sanders Pierce.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode semiotik yang
bersifat Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan iklan Honda Supra X 125 versi
?Sang Raja Tampil Makin Keren dengan Warna Baru? sebagai korpus penelitian.
Unit analisis dalam penelitian ini adalah tanda-tanda dan lambang yang ada dalam
iklan Honda Supra X 125 versi ?Sang Raja Tampil Makin Keren dengan Warna
Baru?.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini peneliti mengetahui mengapa iklan
tersebut meggunakan Ponaryo Astaman sebagai bintang iklan dan fungsi
background lapangan sepakbola yang digunakan dalam iklan tersebut. Serta
makna dari kata sang raja dalam iklan tersebut.
Kesimpulan penelitian ini iklan Supra X 125 sudah menggunakan tandatanda
yang tepat dalam menyampaikan pesannya melalui media cetak kepada
konsumen atau khalayak pembaca Jawa pos