DETAIL DOCUMENT
PENENTUAN JUMLAH LOKET PEMBAYARAN REKENING LISTRIK YANG OPTIMAL DENGAN MODEL SIMULASI DI PT. PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN SURABAYA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
RIZKY , TRI PERMANA
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2011-03-15 08:36:38 
Abstract :
ABSTRAKSI PT. PLN (Persero) adalah perusahaan penyedia jasa listrik yang berusaha melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Untuk itu masyarakat sebagai konsumen diharuskan membayar tagihan listrik setiap bulannya. Loket pembayaran rekening listrik yang ada di PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan berjumlah 2 loket, dimana tiap-tiap loket terdapat satu petugas. Kondisi yang terjadi saat ini di PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan adalah terjadi antrian yang panjang pada tanggal-tanggal tertentu dan besarnya jumlah pelanggan yang datang untuk melakukan pembayaran rekening listrik. Sedangkan dengan hanya memiliki 2 loket belum dapat mengatasi terjadinya antrian. Dengan menggunakan model simulasi (program arena) diharapkan dapat membantu memecahkan permasalahan mengenai antrian di PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan, sehingga dapat ditemukan berapa jumlah loket pembayaran rekening listrik yang optimal di PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan. Dari Hasil Penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa kondisi antrian di PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan adalah tingkat utilitas dengan 2 (dua) loket yaitu loket 1 sebesar 99,8% dan loket 2 sebesar 99,8% dapat disimpulkan bahwa pelayanan terhadap pelanggan belum optimal. Sedangkan setelah dilakukan simulasi usulan dengan 4 (empat) loket diperoleh tingkat utilitas loket 1 sebesar 77%, loket 2 sebesar 77%, loket 3 sebesar 77%, dan loket 4 sebesar 76%, sehingga pelayanan terhadap pelanggan bisa lebih optimal. Dengan demikian PT. PLN (Persero) area pelayanan Surabaya Selatan perlu melakukan penambahan jumlah loket sebanyak 2 (dua) sehingga tingkat pelayanan terhadap pelanggan akan lebih optimal dan memuaskan. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur