Abstract :
Dalam era globalisasi dewasa ini kita telah dan akan menghadapi
perdagangan internasional bebas, dimana eksport Indonesia harus dapat bersaing
dalam pasar internasional, sedangkan produk dalam negeri kita harus mampu
bersaing dengan produk luar negeri di negeri kita sendiri. Hal ini berarti, kita
harus dapat menciptakan keunggulan daya saing dalam perdagangan melalui
peningkatan kualitas dan produktivitas produk dan produktivitas produk dan jasa
yang dihasilkan.
Keistimewaan atau keunggulan produk dapat diukur melalui tingkat
kepuasan pelanggan. Keistimewaan ini tidak hanya terdiri dari karakteristik
produk yang ditawarkan, tetapi juga pelayanan yang menyertai produk itu, seperti:
produk tanpa cacat, keterandalan, dan lain-lain. Pencapaian produk yang
berkualitas, perusahaan harus dapat mempertahankan efisiensi biaya dan
meningkatkan kualitas produk tanpa adanya kenaikan biaya sehingga harga jual
tetap kompetitif. Peningkatan atau penurunan harga jual output barang atau jasa
akan mengubah jumlah volume penjualan dan penjualan, sehingga akan
berpengaruh juga pada perubahan produktivitas output per unit, baik secara parsial
atau sebagian dan total.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data produksi, data
volume penjualan, dan data produktivitas perusahaan. Dan sumber data berasal
dari dokumentasi kegiatan produksi pada perusahaan tahu UD. Mega Jaya di
Gresik tahun 2004 ? 2008. Data yang diperoleh tersebut dianalisis menggunakan
Uji Regresi Linier Berganda dengan alat bantu komputer, dengan menggunakan
program spss. 16.0 For Windows.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Hipotesis yang menyatakan
bahwa diduga kualitas produk dan volume penjualan memiliki pengaruh
signifikan terhadap produktivitas, terbukti kebenarannya.