Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
DESTARIS , EKA NUR KUMALA
Subject
JK Political institutions (United States)
Datestamp
2011-10-17 07:00:28
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian data penelitian
kualitatif yang merupakan kalimat, kata-kata atau gambar adalah menggunakan
teknik deskriptif kualitatif dimana dalam penelitian ini digambarkan suatu fenomena
dengan jalan mendeskripsikannya. Fenomena dalam penelitian ini adalah mengenai
pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pendamping kurang maksimal dalam
program keluarga harapan (PKH), dimana pelayanan tersebut tertulis berdasarkan
surat keputusan Bupati Tuban Nomor:188.45/46/KPTS/414.012/2007 tentang
program keluarga harapan yang bertanggung jawab mengkoordinasikan dinas teknik
terkait untuk menjaga dan memberi pelayanan kesehatan bagi peserta PKH selama
program dilaksanakan.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan
kesehatan yang diberikan oleh tenaga medis dari PKH kepada keluarga yang
mempunyai anak usia 0-6 tahun, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
Pelayanan Kesehatan Anak usia 0-6 tahun dalam Program Keluarg Harapan (PKH).
Informan dan responden dalam penelitian ini adalah pendamping dari petugas
PKH, tenaga medisnya yang berupa bidan desa beji beserta kader, dan keluarga PKH
yang mempunyai anak usia 0-6 tahun.
Fokus dalam penelitian ini ada 3 yaitua 1. bagaimana pelayanan yang
diberikan kepada keluarga miskin dengan sasaran kajian yaitu imunisasi,
penimbangan, pemberian vitamin dan monitoring tumbuh kembang anak, 2. Sarana
dan prasarana yang sasaran kajiannya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berupa
masyarakat miskin, tenaga medis dan pendamping PKH selaku petugas PKH dan
perlengkapan kesehatan, 3. Pendampingan dengan sasaran kajian pengawasan dan
verifikasi.
Hasil penelitian tentang Pelayanan Kesehatan Anak usia 0-6 tahun dalam
Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban,
dapat diperoleh yaitu 1, menurut informan petugas PKH mengenai pelayanan yang
diberikan sudah baik dan sesuai dengan standart pelayanan publik, kedua sarana dan
prasarana sudah memenuhi kebutuhan yaitu SDM nya maupun kelengkapan
kesehatannya, dan yang ke tiga, pendamping masih kurang maksimal dalam member
pelayanan tetapi akan berusaha menjadi lebih baik lagi, 2. menurut informan tenaga
medis, pelayanan yang diberikan dari tenga medis sudah berusaha membeir
pelayanan yang terbaik, yang kedua sarana prasarana sudah menjadi lebih baik dan
ketiga pendamping harus lebih aktif dalam member pelayanan, 3. menurut informan
peserta PKH,pertama pelayanannya sudah baik dan petugasnya ramah, ke dua sarana
prasarana yang sudah memenuhi kebutuhan pengunjung peserta PKH, dan ketiga
masih belum maksimal dalam melakukan pengawasan dalam pelayanan.