DETAIL DOCUMENT
PENGARUH SIKAP DAN CITRA MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK ( Study pada produk AMDK merek “TOTAL” di Banyuwangi )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Ribangun , Bamban Jakaria
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2011-10-19 03:34:38 
Abstract :
Peningkatan penjualan air minum dalam kemasan (AMDK) nasional sebesar 12-13 persen pada 2010 menjadi 14,5 miliar liter dibandingkan 2009 yang hanya 13 miliar liter, yang diperkirakan 1.000 merk yang beredar dengan 500 industri AMDK. Namun dengan peningkatan penjualan tersebut di atas, Total Air Minum justru mengalami penurunan penjualan. Penurunan tersebut diduga adanya pengaruh terhadap ekuitas yang dimiliki oleh Total, yang berdampak pada sikap konsumen, yang disebabkan minimnya media yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pencitraan terhadap Total. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap dan citra merek terhadap ekuitas merek pada Total air minum dalam kemasan di banyuwangi, responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 163 orang, teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan metode analisis data dilakukan dengan SEM menggunakan software Amos 16. Hasil uji SEM menunjukkan bahwa variabel sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 0,578. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek sebesar 0,175. Variabel Sikap merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek sebesar 0,160. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur