DETAIL DOCUMENT
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN TYPICAL PERSON ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE PADA IKLAN SABUN MANDI LUX DI SURABAYA TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
KRISTIANA, .
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2011-10-20 02:25:18 
Abstract :
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN TYPICAL PERSON ENDORSER TERHADAP BRAND IMAGE PADA IKLAN SABUN MANDI LUX DI SURABAYA TIMUR Oleh : KRISTIANA ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik mendorong timbulnya laju persaingan di dalam dunia usaha. Hal ini dapat kita lihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang menghasilkan barang maupun jasa, yang menyebabkan persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Iklan merupakan salah satu alat bauran promosi yang digunakan sebagai alat pengantar pesan untuk membentuk sikap konsumen. Agar penyampaian pesan dapat diterima oleh konsumen dengan baik maka dibutuhkan media yang tepat. Sosok endorser dapat berasal dari kalangan selebriti dan orang biasa/non-selebriti. Endorser sebagai opinion leader yang menyampaikan pesan hingga sampai ke konsumen mengenai merek produk. Lux merupakan salah satu merek produk sabun mandi dari PT. Unilever Indonesia Tbk. yang diasosiasikan sebagai sabun kecantikan yang menunjukkan gaya hidup modern. Lux mengalami masalah penurunan brand value dari tahun 2007-2009. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap brand image dan pengaruh typical person endorser terhadap brand image pada iklan produk sabun mandi padat Lux di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria atau pertimbangan tertentu yaitu Konsumen yang menggunakan produk sabun mandi padat dan pernah melihat iklan sabun mandi padat Lux yang menampilkan selebriti dan non selebriti sebagai bintangnya di Surabaya. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 114 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SEM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : celebrity endorser berpengaruh signifikan positif terhadap brand image dan typical person endorser berpengaruh signifikan positif terhadap brand image. Kata Kunci : Celebrity Endorser, Typical Person Endorser dan Brand Image 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur