Abstract :
PENGARUH SIKAP KONSUMEN DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP
MINAT BELI PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA ?SCORPIO?
DI PT. SURYA TIMUR SAKTI MOTOR SURABAYA
Oleh
OCTA ARDIE PRADANA
ABSTRAKSI
Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di Indonesia bahkan dunia,
perusahaan Yamaha memilki tanggung jawab untuk memuaskan para pelanggan
dengan berbagai keunggulan, misalnya kualitas disain, warna, simbol dan ciri khas
tertentu yang mampu mendongkrak penjualan dan juga menciptakan kesan tersendiri
di benak pelanggan. Dari fenomena selama tahun 2009, penjualan sepeda motor
Yamaha ?SCORPIO? PT. Surya Timur Sakti Motor Surabaya, tidak sesuai dengan
apa yang diinginkan oleh pihak manajemen perusahaan, turunnya minat beli
konsumen akan sepeda motor Yamaha ?SCORPIO? ini kemungkinan disebabkan
karena banyak sekali bermunculan merek sepeda motor dengan berbagai model,
desain, memberikan kualitas yang bagus dan harga yang cukup bersaing.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini tujuan untuk
mengetahui pengaruh sikap konsumen dan norma subyektif terhadap minat beli
konsumen pada sepeda motor Yamaha ?SCORPIO?.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan menyebarkan
kuesioner kepada 110 responden dengan menggunakan teknik aksidental sampling.
Teknik analisis yang dipergunakan adalah Structural Equation Modeling untuk
mengetahui kausalitas antar variabel yang dianalisis.
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa faktor
Sikap Konsumen berpengaruh positif terhadap faktor Minat Beli Konsumen, tidak
dapat diterima atau tidak signifikan (positif), dan faktor Norma Subyektif
berpengaruh positif terhadap faktor Minat Beli Konsumen, dapat diterima atau
signifikan (positif). Artinya, model konseptual yang dikembangkan dan dilandasi
oleh teori tidak sepenuhnya didukung oleh fakta.
Kata Kunci : Sikap Konsumen, Norma Subyektif dan Minat Beli