DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PERLUASAN MEREK TERHADAP CITRA MEREK PADA PRODUK-PRODUK MUSTIKA RATU DI SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Randika , Dwi Pradana Rosmedi
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products 
Datestamp
2011-10-20 03:05:39 
Abstract :
Kondisi pemasaran produk yang sangat dinamis membuat para pelaku pasar dan produsen berlomba untuk memenangkan kompetisi yang sangat ketat saat ini. Produk-produk yang ditawarkan begitu beragam dengan merek yang juga sangat bervariasi. Sebagai contoh adalah Perusahaan Mustika Ratu, yang memproduksi produknya yang bernama susu pembersih, face tonic, pil pelanging, dan alas bedak Mustika Ratu. Mustika Ratu yang memproduksi pada awalnya Masker Mustika Ratu yang sudah sangat kuat menguasai pasaran, lalu Mustika Ratu melakukan perluasan merek dengan meluncurkan Susu Pembersih, face tonic, pil pelangsing, dan alas bedak Mustika Ratu. Hal ini bertujuan agar merek Mustika Ratu dapat dikenal masyarakat karena merek Mustika Ratu khususnya pada produk susu pembersih, face tonic, pil pelangsing, dan alas bedak belum bisa menjadi market leader. Strategi perluasan merek yang dilakukan oleh Mustika Ratu diharapkan mampu menarik konsumen untuk lebih mengenal produk Mustika Ratu khususnya Susu Pembersih, face tonic, pil pelangsing, dan alas bedak Mustika Ratu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh perluasan merek terhadap citra merek. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah membeli dan menggunakan susu pembersih Mustika Ratu di Surabaya. Teknik sampel yang digunakan dalam menentukan populasi adalah teknik non-probability sampling dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan satu variabel bebas yaitu perluasan merek (X) dan satu variabel terikat yaitu citra merek (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa perluasan merek berpengaruh positif terhadap citra merek. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur