Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Randika , Dwi Pradana Rosmedi
Subject
HF5410 Marketing. Distribution of products
Datestamp
2011-10-20 03:05:39
Abstract :
Kondisi pemasaran produk yang sangat dinamis membuat para pelaku pasar
dan produsen berlomba untuk memenangkan kompetisi yang sangat ketat saat
ini. Produk-produk yang ditawarkan begitu beragam dengan merek yang juga
sangat bervariasi. Sebagai contoh adalah Perusahaan Mustika Ratu, yang
memproduksi produknya yang bernama susu pembersih, face tonic, pil
pelanging, dan alas bedak Mustika Ratu. Mustika Ratu yang memproduksi pada
awalnya Masker Mustika Ratu yang sudah sangat kuat menguasai pasaran, lalu
Mustika Ratu melakukan perluasan merek dengan meluncurkan Susu Pembersih,
face tonic, pil pelangsing, dan alas bedak Mustika Ratu. Hal ini bertujuan agar
merek Mustika Ratu dapat dikenal masyarakat karena merek Mustika Ratu
khususnya pada produk susu pembersih, face tonic, pil pelangsing, dan alas
bedak belum bisa menjadi market leader. Strategi perluasan merek yang
dilakukan oleh Mustika Ratu diharapkan mampu menarik konsumen untuk lebih
mengenal produk Mustika Ratu khususnya Susu Pembersih, face tonic, pil
pelangsing, dan alas bedak Mustika Ratu. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui pengaruh perluasan merek terhadap citra merek.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah membeli dan
menggunakan susu pembersih Mustika Ratu di Surabaya. Teknik sampel yang
digunakan dalam menentukan populasi adalah teknik non-probability sampling
dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM), dengan
menggunakan satu variabel bebas yaitu perluasan merek (X) dan satu variabel
terikat yaitu citra merek (Y).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini,
diperoleh hasil bahwa perluasan merek berpengaruh positif terhadap citra merek.