Abstract :
Perkembangan teknologi saat ini membawa masyarakat kepada perubahan
? perubahan kehidupan ke arah yang lebih baik. Komunikasi merupakan aktivitas
yang dilakukan sehari ? hari, dengan adanya perkembangan teknologi saat ini
memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi, tanpa harus memikirkan dan
terganggu oleh jarak yang cukup jauh, bahkan jarak antar negara pun dapat
dilakukan dengan waktu yang lebih cepat. Salah satu media informasi saat ini
yang sering digunakan oleh masyarakat antara lain internet. Internet dapat
digunakan untuk mencari hal positif antara lain berita, tugas sekolah dan lainnya.
Adapun situs yang terdapat di internet antara lain facebook, twitter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang
?karakteristik pelajar SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya dalam menggunakan
Teknologi Informasi? dan untuk mendeskriptifkan penilaian pelajar dalam
menggunakan akses internet.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu yang
digunakan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa
kata ? kata tertulis atau lisan dari orang ? orang yang dapat diamati. Dalam
penelitian ini digunakan 88 responden dengan menggunakan kuesioner. Dimana
responden diambil dengan menggunakan teknik (Stratified Random Sampling).
Dari hasil Studi Perilaku Konsumen dalam Menggunakan Teknologi
Informasi (Studi Kasus Siswa SMA Kemala Bhayangkari 1 Surabaya), yang
diamati dalam penelitian ( Umum, Permainan (game), Jejaring Sosial
(Facebook,Twitter), Bisnis, dan Pendidikan). Ternyata hanya perilaku Jejaring
Sosial yang paling diamati oleh responden.