Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Rizky , Sophan Prasetyawan
Subject
HF5415.32 Consumer Behavior
Datestamp
2011-10-20 03:04:49
Abstract :
Permasalahan yang dihadapi oleh Carrefour Bubutan Junction Surabaya
adalah adanya ketidakstabilan penjualan produk Viva Hand and Body Lotion
bahkan cenderung terus mengalami penurunan penjualan tiap tahunnya sehingga
target penjualan tidak pernah tercapai. Hal ini dapat diketahui dimana pada tahun
2008 penjualan produknya sebesar 715 botol atau kurang 4,67% dari target
penjualan, pada tahun 2009 mengalami penurunan dimana produk yang terjual
sebesar 638 botol atau kurang 14,93% dari target penjualan, dan pada tahun 2010
kembali mengalami penurunan penjualan yang cukup drastis dari tahun sebelumnya
yakni sebesar 463 botol atau kurang 38,27% dari target penjualan. Tidak
terpenuhinya target penjualan ini diindikasikan oleh menurunnya loyalitas merek
konsumen akan produk Viva Hand and Body Lotion, dimana konsumen merasa
bahwa produk tersebut terkesan murahan, kurang bergengsi dan kalah pamor
dengan produk serupa di pasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
apakah ada pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas merek Viva Hand and
Body Lotion di Surabaya.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data
dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada konsumen produk Viva
Hand and Body Lotion di Carrefour Bubutan Junction Surabaya, yang ditemui
peneliti pada saat dilakukan pengambilan sampel. Skala pengukuran yang
digunakan adalah skala interval dengan teknik non probability sampling, ini adalah
cara pengambilan sampel yang tidak semua anggota populasi diberi kesempatan
untuk dipilih menjadi sampel, hanya responden yang memiliki ciri-ciri tertentu yang
diperkirakan mempunyai kaitan dengan permasalahan penelitian yang dapat
dijadikan kunci untuk pengambilan sampel. Pengambilan sampel didasari oleh
asumsi SEM bahwa besarnya sampel yaitu 5 ? 10 kali parameter yang diestimasi
(Augusty, 2002:98). Pada penelitian ini ada 12 indikator, sehingga jumlah sampel
yang diestimasi yaitu 60-120. Adapun jumlah sampel yang ditetapkan dalam
penelitian ini adalah sebesar 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah
SEM, yang akan mempermudah untuk melihat pengaruh kepuasan konsumen
terhadap loyalitas merek yang akan diuji.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh
positif tidak dapat diterima terhadap loyalitas merek Viva Hand and Body Lotion di
Surabaya.