Abstract :
Di masa-masa yang sulit seperti sekarang ini, bisnis yang masih
mendapatkan keuntungan adalah bisnis makanan karena melihat sukarnya
mendapatkan peluang dalam melakukan bisnis-bisnis lainnya. Hal ini di tandai
dengan banyaknya tempat makan (restoran) yang bermunculan di berbagai tempat
dengan aneka macam makanan yang disediakan. Restoran Hanamasa Gubeng
merupakan salah satu dari sekian banyak restoran yang menyediakan masakan
Jepang yang ada di Surabaya. Pada saat sekarang ini Restoran Hanamasa Gubeng
Surabaya dihadapkan dengan penurunan jumlah pengunjung dan peningkatan
jumlah komplain pelanggan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2009.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Experiential Marketing
terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran Hanamasa Gubeng Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang sedang
berkunjung dan membeli produk di restoran Hanamasa Gubeng Surabaya. Skala
pengukuran menggunakan skala interval dan skala pembentukan menggunakan
skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Jumlah sampel yang diambil sebanyak 102 pelanggan. Data yang digunakan
adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh pelanggan
yang sedang berkunjung dan membeli produk serta pelanggan yang membeli
produk lebih dari 1 kali dalam jangka waktu 1 bulan terakhir di restoran
Hanamasa Gubeng Surabaya. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM
(Structural Equation Modeling) untuk melihat hubungan kausalitas antar faktor.
Hasil pengujian memperlihatkan bahwa Experiential Marketing
berpengaruh signifikan positif terhadap Loyalitas Pelanggan.