Abstract :
ANALISIS PENGARUH EFEKTIFITAS IKLAN TERHADAP SIKAP
KONSUMEN DAN KEYAKINAN KONSUMEN PADA NIAT BELI
ROKOK STAR MILD DI SURABAYA
Oleh:
Sigit Raharja
0712010220 / FE / EM
Abstraksi
Kemampuan iklan untuk menciptakan sikap mendukung terhadap produk
sering tergantung pada konsumen. Iklan yang diminati atau dievaluasi secara
menguntungkan dapat menghasilkan sikap yang lebih terhadap produk, sehingga
dapat menyebabkan keputusan untuk membeli. Semakin seringnya konsumen
mengetahui produk yang diiklankan, maka konsumen akan mengingat produk dan
timbul keyakinan atas produk yang diiklankan. Bila konsumen sudah yakin
terhadap produk, maka secara otomatis tertanam di benak konsumen (Top Of
Mind), yang mengakibatkan semakin kuatnya niat pembelian dari konsumen.
Atas dasar pemikiran tersebut dilakukan penelitian terhadap pemirsa iklan produk
rokok star mild yang ada di daerah Surabaya. Tujuan penelitian untuk
menganalisis adanya pengaruh Iklan terhadap Sikap Konsumen, pengaruh Iklan
terhadap Keyakinan Konsumen, pengaruh Sikap Konsumen terhadap Niat Beli
dan pengaruh Keyakinan Konsumen terhadap Niat Beli.
Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban
responden dengan memberikan angket daftar pertanyaan. Model yang digunakan
untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling
(SEM) yang diolah dengan fasilitas program aplikasi AMOS.4.01.
Pengujian hipotesis dan hubungan kausal yang diperoleh dari structural
equation modeling dapat disimpulkan bahwa: (1) Iklan Rokok Star Mild mampu
mempengaruhi dalam memunculkan keyakinan konsumen terhadap kemudahan
memperoleh produk pada waktu, tempat dan jumlah yang diharapkan.
(2) Keyakinan Konsumen tidak mampu merangsang atau bahkan menimbulkan
niat beli terhadap rokok Star Mild. (3) Iklan rokok Star Mild belum memiliki
tingkat efektif yang baik dalam membangun sikap konsumen yang diharapkan. (4)
Sikap konsumen dan keyakinan konsumen terhadap rokok Star Mild tidak mampu
membangun dan membentuk niat beli terhadap produk.