Abstract :
ABSTRAKSI
Saat ini konsep tentang Supply Chain telah banyak dibicarakan oleh
pakar-pakar manajerial perusahaan, hal ini dimulai dengan adanya suatu
kesadaran bahwa Supply Chain (rantai pengadaan) merupakan suatu bagian yang
sangat penting bagi perusahaan. Untuk dapat bersaing dengan para pesaingpesaingnya,
suatu perusahaan harus mempunyai profit dan selalu menjaga
kepuasan konsumennya, Supply Chain itu sendiri didukung oleh faktor Internal
dan faktor Eksternal. Faktor Internal yang mana didalamnya terdiri dari Supplier
Sistem, Product Design, Production System, dan Delivery Sistem. Faktor
Eksternal yang didalamnya termasuk supplier dan distributor atau retailer yang
merupakan konsumen dari perusahaan juga harus diperhatikan oleh perusahaan
untuk dapat mendukung tercapainya 2 hal tersebut diatas.
PT. Smart Advertising adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis
percetakan, berbagai hasil cetak seperti sablon, umbul-umbul, billboard, dan
baliho. Berawal dari sebuah Event Organizer, perusahaan melakukan
metamorfosis menjadi sebuah Advertising Agency untuk meningkatkan kualitas
kinerja perusahaan. Dengan ini, penilaian fleksibilitas supply chain perlu
dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui tingkat fleksibilitas supply chain.
Karena pengukuran hanya diterapkan pada bagian produksi dengan indikator
kinerja seperti efisiensi mesin dan efisiensi total, sedangkan untuk penilaian
fleksibilitas di perusahaan yang mencakup empat dimensi yaitu supplier system,
product design, production system, dan delivery system masih belum ada sehingga
belum dapat menginformasikan fleksibilitas supply chain secara menyeluruh.
Dengan adanya masalah tersebut maka dilakukan penelitian tentang fleksibilitas
supply chain, yaitu kemampuan perusahaan dalam menghadapi fluktuasi-fluktuasi
yang terjadi, dimana fleksibilitas sendiri berhubungan dengan mesin, proses,
aliran bahan baku, tipe, pekerja, dan semua digabung menjadi sebuah sistem
manufaktur dan sistem produksi. Fleksibelitas mencakup empat dimensi yaitu
Supplier System, Product Design, Production System, dan Delivery System.
Dengan harapan dapat diketahui fleksibilitas supply chain yang ada di PT. Smart
Advertising dan parameter-parameter apa saja yang diprioritaskan untuk
diperbaiki yang ada di PT. Smart Advertising.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di PT. Smart Advertising
menunjukkan bahwa tingkat fleksibilitas supply chain yang ada di perusahaan
secara keseluruhan flesksibel (baik) dimana seluruh dimensi utama mencapai
prosentase di atas 85%, secara berurutan prosentase dari yang terkecil hingga
yang terbesar yaitu Production System 93,2%, Supplier System 93,7%, Delivery System
94,1%, dan Product Design 95,5%.
Kata kunci : Fleksibilitas supply chain, supplier system, product design,
production system, delivery system, efisiensi, level, subyektif,
fungsional