DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE SCOR (SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE) UNTUK MENGUKUR FLEKSIBILITAS SUPPLY CHAIN DI PT. SMART ADVERTISING - SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
AYU , MARETHA NOER SHERA
Subject
TS155 Production management. Operations management 
Datestamp
2011-10-20 06:47:44 
Abstract :
ABSTRAKSI Saat ini konsep tentang Supply Chain telah banyak dibicarakan oleh pakar-pakar manajerial perusahaan, hal ini dimulai dengan adanya suatu kesadaran bahwa Supply Chain (rantai pengadaan) merupakan suatu bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Untuk dapat bersaing dengan para pesaingpesaingnya, suatu perusahaan harus mempunyai profit dan selalu menjaga kepuasan konsumennya, Supply Chain itu sendiri didukung oleh faktor Internal dan faktor Eksternal. Faktor Internal yang mana didalamnya terdiri dari Supplier Sistem, Product Design, Production System, dan Delivery Sistem. Faktor Eksternal yang didalamnya termasuk supplier dan distributor atau retailer yang merupakan konsumen dari perusahaan juga harus diperhatikan oleh perusahaan untuk dapat mendukung tercapainya 2 hal tersebut diatas. PT. Smart Advertising adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis percetakan, berbagai hasil cetak seperti sablon, umbul-umbul, billboard, dan baliho. Berawal dari sebuah Event Organizer, perusahaan melakukan metamorfosis menjadi sebuah Advertising Agency untuk meningkatkan kualitas kinerja perusahaan. Dengan ini, penilaian fleksibilitas supply chain perlu dilakukan agar perusahaan dapat mengetahui tingkat fleksibilitas supply chain. Karena pengukuran hanya diterapkan pada bagian produksi dengan indikator kinerja seperti efisiensi mesin dan efisiensi total, sedangkan untuk penilaian fleksibilitas di perusahaan yang mencakup empat dimensi yaitu supplier system, product design, production system, dan delivery system masih belum ada sehingga belum dapat menginformasikan fleksibilitas supply chain secara menyeluruh. Dengan adanya masalah tersebut maka dilakukan penelitian tentang fleksibilitas supply chain, yaitu kemampuan perusahaan dalam menghadapi fluktuasi-fluktuasi yang terjadi, dimana fleksibilitas sendiri berhubungan dengan mesin, proses, aliran bahan baku, tipe, pekerja, dan semua digabung menjadi sebuah sistem manufaktur dan sistem produksi. Fleksibelitas mencakup empat dimensi yaitu Supplier System, Product Design, Production System, dan Delivery System. Dengan harapan dapat diketahui fleksibilitas supply chain yang ada di PT. Smart Advertising dan parameter-parameter apa saja yang diprioritaskan untuk diperbaiki yang ada di PT. Smart Advertising. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di PT. Smart Advertising menunjukkan bahwa tingkat fleksibilitas supply chain yang ada di perusahaan secara keseluruhan flesksibel (baik) dimana seluruh dimensi utama mencapai prosentase di atas 85%, secara berurutan prosentase dari yang terkecil hingga yang terbesar yaitu Production System 93,2%, Supplier System 93,7%, Delivery System 94,1%, dan Product Design 95,5%. Kata kunci : Fleksibilitas supply chain, supplier system, product design, production system, delivery system, efisiensi, level, subyektif, fungsional 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur