Abstract :
Saat ini media informasi bukan lagi menjadi monopoli dalam dunia
sekuler saja seperti hiburan dan dunia bisnis saja tetapi saat ini media informasi
juga mulai berkembang dan sudah berkembang di dunia religius, dalam hal ini
adalah dunia media informasi gereja dan pelayanannya, hal inilah yang
mendorong Gereja Bethany mengeluarkan media informasi gereja berupa
tabloid BETHANY. Suatu produk yang ditawarkan ke konsumen oleh
perusahaan akan bertahan di pasaran jika atribut dari produk tersebut diterima,
atribut produk adalah suatu komponen yang merupakan sifat-sifat dari sebuah
produk dan dikomunikasikan oleh atribut produk yang meliputi dari kualitas,
fitur dan desain dari produk.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara
simultan dan parsial variabel kualitas (X1), fitur produk (X2) dan desain produk
(X3) terhadap keputusan membeli (Y). Teknik pengambilan sampel ini
menggunakan purposive sampling adalah elemen populasi yang dipilih sebagai
sampel dibatasi pada elemen-elemen yang dapat memberika informasi
berdasarkan pertimbangan tersebut. Jumlah sampel yang diambil adalah 100
responden yang merupakan jemaat Gereja Bethany jalan Manyarrejo yang
pernah membeli tabloid BETHANY.
Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda dengan 3 prediktor. Untuk mengetahui pengaruh secara
simultan digunakan uji F, secara parsial uji t. Dari hasil yang diperoleh secara
simultan variabel kualitas (X1), fitur (X2) dan desain (X3) secara signifikan
berepngaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dimana dibuktikan
dengan hasil F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung 19,185 > F tabel 2,72 )
dengan persamaan regresi Y = 3,379 + 0,192 X1 + 0,462 X2 + 0,137 X3.
Sedangkan berdasarkan hasil analisis secara parsial dengan uji t diketahui
variabel kualitas produk (X1) (t-hitung sebesar 1,516 < t tabel sebesar 1,990),
variabel fitur produk (X2) (t-hitung sebesar 4,090 > t tabel sebesar 1,990),
variabel desain produk ( X3) (t-hitung sebesar 1,318 < t tabel sebesar 1,990).
Secara parsial hanya variabel fitur produk (X2) saja yang berpengaruh secara
signifikan terhadap variabel keputusan membeli (Y).