Abstract :
Setiap individu dapat memeperoleh jabatan atau pekerjaan yang
memuaskan sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya, maka diperlukan
suatu perencanaan karir yang matang. Dalam konteks pendidikan upaya
membantu siswa dalam merencanakan pemilihan jabatan atau pekerjaan yang di
masa mendatang secara tepat merupakan aspek yang sangat krusial, sehingga telah
menempatkan pentingnya layanan bimbingan karir bagi siswa sebagai bagian
integral dari layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Bahkan apabila ditinjau
dari perspektif sejarahlahirnya bimbingan dan konseling tidak lepas dari upaya
untuk membantu siswa-siswi mendapatkan lapangan pekerjaan yang cocok
sesudah mereka meninggalkan bangku sekolah, melalui gerakan bimbingan
jabatan atau masalah karir.
Tujuanyang akan dicapai adalah membuat sistem informasiberbasis DAT
untuk membantu calon peserta didik dalam menentukan bidang pelatihan yang
sesuai dengan bakat dan potensi dalam dirinyamelalui serangkaian tes.
Penelitian ini telah menghasilkan sistem informasites bakat berbasis dat
(differential aptitude test) dapat digunakan pengguna yang masih kebingungan
dalam menentukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan bakat yang dimiliki.