DETAIL DOCUMENT
REPRESENTASI POPULARITAS IRFAN BACHDIM DALAM IKLAN CLEAR DESTINATION LONDON (Studi Semiotik Representasi Popularitas Irfan Bachdim Dalam Iklan Clear Destination London Di Media Cetak Jawa Pos Edisi 6 Maret 2011)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Jefri, Ardiansyah
Subject
P87 Communication. Mass Media 
Datestamp
2011-10-21 02:33:57 
Abstract :
Penelitian pada iklan Clear Destination London ini didasari pada ketertarikan peneliti untuk lebih mengetahui makna yang terkandung dalam iklan serta kepopuleran Irfan Bachdim yang digunakan sebagai ikon utamanya. Di sini Clear sebagai pengiklan akan mengadakan sebuah event yang bertemakan "Clear Destination London" dimana pemenangnya akan berkesempatan menyaksikan final Liga Champion bersama Irfan Bachdim di stadion Wembley, London. Penelitian ini menggunakan studi semiotik Charles Sanders Pierce yang membagi tanda menjadi tiga kategori, yaitu : ikon, indeks, dan simbol. Adapun kajian teori yang digunakan oleh peneliti yaitu : Iklan Media Cetak, Celebrity Endorser, Paradigma Konstruksionis, Pendekatan Semiotik, Model Semiotik Charles S. Pierce, Representasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Semiotik yang bersifat Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan iklan Clear Destination London versi Irfan Bachdim sebagai corpus. Unit analisis dalam penelitian ini adalah tanda-tanda yang ada dalam iklan berupa gambar, tulisan dan warna yang dimuat di media cetak. Dari hasil analisis terhadap Representasi Popularitas Irfan Bachdim Dalam Iklan Clear Destination London dapat disimpulkan bahwa Clear sebagai pengiklan menggunakan sosok Irfan Bachdim sebagai pendongkrak kesuksesan event Clear Destination London ini karena kepopuleran yang dimiliki oleh sosok Irfan Bachdim tersebut dapat meningkatkan ketertarikan dan simpati dari masyarakat untuk mengikuti event ini. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur