DETAIL DOCUMENT
STRATEGI BISNIS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM MENGEMBANGANKAN USAHANYA (Study pada Industri Ikat Tenun di Parengan Kecamatan Maduran-Lamongan)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
Nurul, Hidayati
Subject
HF5001 Business. Business Administration 
Datestamp
2011-10-21 02:12:01 
Abstract :
Pertumbuhan ekonomi di era globalisasi salah satunya ditandai dengan semakin berkembangnya dunia usaha di segala bidang. Salah satu usaha untuk memperluas lapangan pekerjaan adalah dengan mengembangkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pentingnya sektor UMKM di Indonesia adalah untuk memeratakan perekonomian penduduk, dan untuk menunjang perkembangan sektor-sektor yang lain. Dalam hal ini peneliti memfokuskan penelitian di Parengan, Kecamatan Maduran-Lamongan, yaitu UMKM yang bergerak dibidang kerajinan tenun ikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dilakukan oleh UMKM di Parengan, Kecamatan Maduran-Lamongan,. Strategi bisnis tersebut meliputi strategi keuangan, strategi produksi, strategi manajemen sumber daya manusia, dan strategi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Teknik yang akan digunakan untuk menumpulkan sumber data adalah teknik pengumpulan data in depth interview (wawancara mendalam), participant observasi (observasi berperan serta), dan studi literature. Tujuan mereka untuk mendirikan usaha adalah ingin membuka lapangan pekerjaan serta menumbuhkan pada remaja rasa cinta pada produk asli Parengan yaitu tenun ikat karena banyaknya remaja yang kurang memperhatikan tenun khas parengan. Usaha tenun ikat telah melibatkan 2.700 pekerja dan 30 pengusaha tenun ikat. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa dalam strategi produksi dalam bidang kerajinan tenun ikat tidak jauh berbeda yaitu dengan differensiasi produk dalam hal bentuk maupun jenisnya. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur