Abstract :
Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang tidak disukai oeh siswa sekolah
dasar karena pelajaran ini sering menghitung, menghafal gambar dan bentuk dan
mengahafalkan rumus ? rumus yang menurut anak sekolah dasar sangat susah untuk
dilakukan karena mereka hanya mempelajari lewat buku pedoman dan penjelasan guru
yang membosankan. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana membangun
sebuah program pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik untuk belajar.
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana membangun program pembelajaran
bangun 2 dimensi dan bangun 3 dimensi untuk siswa sekolah dasar. Alat ? alat analisis
yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah flowchart. Software yang
digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Adobe Photoshop dan Macromedia
Flash.
Penelitian ini telah menghasilkan rancang bangun pembelajaran yang bisa
memberikan informasi tentang pengertian bangun 2 dimensi dan 3 dimensi, bentuk-
bentuk dari bangun 2 dimensi dan 3 dimensi. Pada rancang bangun ini ada 6 command
button ( menu ) yaitu menu materi, menu permainan, menu animasi, menu gallery, menu
latihan soal dan menu keluar. Pada setiap menu mempunyai fungsi masing ? masing
misalnya saja pada menu latihan soal disitu terdapat beberapa soal tentang bangun 2
dimensi dan 3 dimensi yang dikemas semenarik mungkin yang membuat siswa mudah
untuk memecahkan soal ? soal tersebut