Abstract :
Tujuan dari program ini adalah memberikan informasi pembelajaran dan
memotivasi dalam mengembangkan pengetahuan dan kreativitas anak untuk lebih
interaktif dengan menggunakan Komputer / Media secara visual diharapkan anak
lebih bersemangat dalam belajar sehingga tidak menimbulkan kejenuhan dan anak
dengan mudah dapat memahami materi pembelajaran mengenal huruf dan kata,
mengenal angka dan berhitung, mengenal binatang dan karakteristiknya, sehingga
dapat merangsang anak untuk menggunakan alat indera penglihatan dan indera
pendengarannya, karena selain melihat bentuk huruf, gambar dan animasi yang
disertakaan dengan penggunaan suara maka akan memudahkan anak dalam
mengenali dan memahami serta dapat membantu dalam memainkan aplikasi
permainan dengan mudah.
Dengan menggunakan media pembelajaran Macro Media Flash sebagai
aplikasi permaianannya dimana perancangan perangkat lunak ini meliputi
identifikasi dan evaluasi permasalahan yang ada.
Dari hasil observasi dilapangan dapat diambil kesimpulan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan permainan pada aplikasi Macro Media Flash
lebih efektif, lebih baik dan lebih menarik karena dapat meningkatkan minat anak
dalam belajar dibandingkan dengan pembelajaran dengan Media Teknik Animasi
dan Media Konvensional. Selain itu dapat juga mengetahui tingkat kecerdasan
dan kemampuan anak dalam menganalisa suatu masalah dengan menggunakan
logika yang dimilikinya