DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA SMP NEGERI 2 DEMPET DEMAK
Total View This Week13
Institusion
Universitas Muria Kudus
Author
PUJI NUGRAHENI, ELLY
Subject
Pendidikan (Umum) 
Datestamp
2015-09-10 07:29:24 
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindakan layanan penguasaan konten teknik self management dalam upaya meningkatkan kemampuan manajemen waktu dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Dempet Demak setelah penerapan layanan penguasaan konten teknik self management. Manajemen waktu adalah pembagian waktu secara efektif dan efisien untuk kegiatan-kegiatan beribadah, membantu orang tua, belajar, pengembangan diri maupun waktu untuk bermain/beristirahat. Kiat utama untuk memanajemen waktu adalah kombinasi dari fleksibilitas dan disiplin. Kemampuan seseorang dalam memanajemen waktu merupakan salah satu kunci untuk mencapai suatu keberhasilan. Kesimpulan pengertian manajemen waktu tersebut peneliti ambil berdasarkan pendapat beberapa ahli yang peneliti sesuaikan dengan kondisi atau tingkat usia subjek penelitian. Upaya meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada siswa peneliti lakukan melalui layanan penguasaan konten teknik self management. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tindakan layanan penguasaan konten teknik self management dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Dempet Demak semester dua tahun pelajaran 2014/2015, dan apakah layanan penguasaan konten teknik self management dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Dempet Demak semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu penggunaan layanan penguasaan konten teknik self management dapat meningkatkan kemampuan mananajemen waktu pada siswa SMP negeri 2 Dempet Demak semester dua tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas bimbingan konseling. Tempat penelitian dikelas VIII A dan laboratorium bahasa. Penlitian dilaksanakan selama lima bulan mulai bulan Maret samapai dengan bulan Juli tahun 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 38 siswa, terdiri dari 20 anak perempuan dan 18 anak laki-laki yang memiliki kemampuan manajemen waktu yang rendah. Variabel dalam penelitian ini yaitu layanan penguasaan konten teknik self management sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan manajemen waktu siswa ebagai variabel terikat (Y). Penelitian dilakukan dalam dua siklus (siklus I dan siklus II). Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dan setiap pertemuannya membahas materi dengan alokasi waktu 40 menit. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian pra siklus kemampuan manajemen waktu siswa menunjukkan kategori kurang dengan skor rata-rata/persentase 51%. Siklus I kemampuan manajemen waktu siswa mengalami peningkatan dalam kategori cukup dengan skor rata-rata/persesentase 61,3% yang mengalami peningkatan skor rata-rata 10,3% dari pra siklus. Siklus II kemampuan manajemen waktu siswa dalam kategori baik dengan skor rata-rata/peresentase 77,3% yang berarti ada peningkatan skor rata-rata/peresentase 26,3% dari pra siklus. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Layanan penguasaan konten teknik self management dalam meningkatkan kemampuan manajemen waktu siswa pada pendekatan High Touch diperoleh skor pada siklus I rata-rata/persentase 79,7%, kategori baik, dan pada siklus II rata-rata/persentase 92%, kategori baik. Sedangkan pada pendekatan High Tech diperoleh skor pada siklus I rata-rata/persentase 75,7% kategori baik, dan pada siklus II rata-rata/persentase 84,3%, kategori baik. 2) Terjadi peningkatan kemampuan manajemen waktu siswa mulai dari pra siklus skor rata-rata/persentase 51% kategori kurang, Siklus I skor rata-rata/persentase 61,3% kategori cukup, dan siklus II skor rata-rata/peresentase 77,3% kategori baik. Disarankan kepada: 1. Kepala sekolah, penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu masukan dalam upaya meningkatkan kemampuan manajemen waktu terhadap siswa. 2. Guru BK, hendaknya guru BK memberikan layanan bimbingan konseling dengan teknik inovatif, kreatif, dan menyenangkan sehingga dapat membantu siswa dalam menjalani masa tumbuh kembangnya di sekolah. 3. Siswa, dan terbuka bersedia mengikuti dan memanfaatkan layanan penguasaan konten teknik self management untuk meningkatkan kompetensinya, khususnya kemampuan dalam memanajemen waktu.  
Institution Info

Universitas Muria Kudus