Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Faktor Penentu Pengungkapan Corporate
Social Responsibility pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan Corporate
Social Resposibility dan variabel independennya adalah ukuran perusahaan, likuiditas,
profitabilitas, tipe industri, kepemilikan manajerial, dan ukuran dewan komisaris.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Manufaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2017. Sampel dari penelitian ini
berjumlah 247 perusahaan manufaktur. Penelitian ini menggunakan metode purposive
sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi
Linier Berganda.
Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan pada ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan ukuran dewan
komisaris, sedangkan untuk variabel tipe industri dan kepemilikan manajerial, tidak
berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility.