Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan
perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai
perusahaan dengan struktur odal sebagai variabel intervening. Penelitian
ini dilakukan di Indonesia dengan menggunakan unit analisis perusahaan
manufaktur yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan periode penelitian tahun 2015 sampai dengan 2017 dan diperoleh
sebanyak 185 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan,
ukuran perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh terhadap struktur
modal. Pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Struktur modal berpengaruh
negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengujian mediasi
struktur modal menjunjukkan bahwa struktur modal tidak dapat memediasi
hubungan pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan, dan profitabilitas
terhadap nilai perusahaan.