DETAIL DOCUMENT
Penerapankonseling Realitas Metodeself Managementuntuk Menumbuhkan Motivasisekolah Anak Jalanan Dikabupatenkudus
Total View This Week5
Institusion
Universitas Muria Kudus
Author
ROCHMAWATI , FARICH
Subject
Teori dan praktek pendidikan 
Datestamp
2016-11-07 02:47:02 
Abstract :
Penelitianinibertujuanuntuk1.Menemukan faktor–faktorpenyebab rendahnya motivasisekolah anakjalanandiKabupaten Kudus.2.Meningkatkan motivasisekolah anakjalanan diKabupatenKudusmelaluipenerapankonseling realitas metode self management Konseling realitas adalah suatu bentuk modifikasi tingkah laku karena dalam penerapan-penerapan institusionalnya, merupakan tipe pengkondisian operan yang tidak ketat. Teknik konseling realitas yang digunakanuntukmeningkatkanmotivasibersekolahanakjalananadalahteknik selfmanagement. Teknikselfmanagementuntukmengatasisiswa dalamupaya meningkatkankedisiplinanbelajar dansecara sadar berkeinginanuntukmengubah perilakunyasendiri,khususnyadisiplinbelajarnyayang rendah.Sehingga diharapkan melaluikonseling realitasdengantehnikselfmanagementdapat mengubahperilakuataukebiasaanyangsalah,yangpada akhirnyaberpengaruh pada prestasibelajarnya.Makakonselingrealitasdengantehnikselfmanagement berfungsiuntukmengubahperilaku ataukebiasaanadalahdenganmenggunakan pendekatankonseling realitas.Motivasisekolahyaitusuatudoronganatau semangat untuk melakukan kegiatanbelajaryangmemberikan perubahan tingkah lakupadadiriindividudemimencapaitujuan belajarnya.Perilakuyang memiliki motivasi belajar adalah perilakuyangpenuhenergy,terarah, dan bertahan lama. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, studi kasus. Dalam penelitianini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjekyang digunakandalampenelitianiniadalahAnakjalanandiKabupaten Kudus. Dalam penelitianini tidak semuaanak jalanan menjadi subyek penelitian, tetapidalampenelitianiniyang dijadikansubyekpenelitianditetapkansebanyak3 anakjalananyang memilikimotivasisekolahrendah.Rancangan penelitianyang dipergunakanadalahStudikasus.Prosedurpenelitianstudikasus ini meliputi: Identifikasi Kasus, Analisis, Diagnosis,Prognosis, Treatment(Penerapan Konseling Behavioristik). Efektifitaspenerapankonseling realitasuntukmembantusiswa mengatasi masalah motivasi sekolah pada klien GK ini dapat dilihat dari hasil akhir konselingyaitu klien sudah mulai lancardalamberhitung,klien DFmau berusaha untukbelajar lebihgiatbaikdirumahmaupundisekolah,dankliendapatmembagi waktuantarabelajar,bermain,danmendapatdukungandariorangtua.Efektifitas xi penerapankonseling realitasuntukmembantusiswa mengatasimasalahmotivasi sekolahpada klienDF inidapatdilihatdarihasilakhirkonselingyaituklienmulai rajin dalam pelajaran matematika dan klien lebih semangat belajar, sehingga orangtuasenantiasamendukungklien.Efektifitaspenerapankonseling realitas untukmembantusiswamengatasimasalahmotivasisekolahpadaklienHT ini dapatdilihatdarihasilakhirkonselingyaituklien mulairajindalampelajaran matematika dan klien lebihsemangatbelajar,sehinggaorang tua senantiasa mendukungklien. Penangananmasalah siswayanginteraktifakanmembantumereka keluar dari permasalahntersebutdengan tuntas, untukitu diharapakan kepadapihak- pihakterkaitagarselalumemberikanpelayananyang terbaikkepadasiswa agar merekamampu berkembang sesuaiyang diharapkan, berdasarkandari hasil kesimpulandiatas,penelitimenyampaikansaransebagaiberikut:1) Konselor Dapatmembantusiswadalammenyelesaikan permasalahan-permasalahanyang laindenganmenggunakanpendekatan behavioristik.2) Gurumata pelajarandan Wali kelas dalam mengajar, guru juga harus mengawasi siswa-siswinya baik dalamberperilakumaupundalamkeaktifansiswanya.3)Orang tuasiswa Hendaknyaorang tuamampumemberikanmotivasiterhadapanaknya,agar anaknyamampu berkembangsecarabaik dan optimal.  
Institution Info

Universitas Muria Kudus