Abstract :
Seiring dengan maraknya berita mengenai meledaknya elpiji akibat kelalaian dan
ketakutan masyarakat dalam menggunakan kompor elpiji. Iklan layanan masyarakat ini
juga sebagai upaya Pertamina selaku perusahaan yang ditunjuk langsung dalam
pengadaan tabung elpiji untuk menanggapi adanya tanggapan miring terhadap program
komversi yang saat ini masih terus bergulir. Dalam hal ini Pertamina terus melakukan
sosialisasi dan edukasi tentang tata cara penggunaan elpiji dengan aman dan benar.
Sebagaimana diketahui, manusia bersifat ingin mengetahui dan mengenal segala sesuatu
melalui akal pikirannya. Sehingga akal pikiran akan terus berkembang mencari sesuatu
yang ingin diketahuinya melalui proses berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat di Surabaya terhadap iklan layanan
masyarakat ?Cara Aman Bareng Bung Ijo? di televisi.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Iklan, Komunikasi
Periklanan, Periklanan sebagai Komunikasi Persuasif, Televisi Sebagai Media
Periklanan, Komunikasi Efektif, Tingkat Pengetahuan, Isi Pesan Iklan layanan
Masyarakat ?Cara Aman Bareng Bung Ijo?, Masyarakat Sebagai Khalayak, Teori S-O-R.
Karena menurut teori ini efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus
khusus, sehingga seseorang dapat memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi
komunikan.
Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi yang
digunakan untuk menggambarkan data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang
diisi oleh responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Simple Random sampling.
Hasil peneltian sebagaimana dijabarkan pada deskripsi tiap?tiap tabel frekuensi
menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat di Surabaya terhadap iklan layanan
masyarakat Cara Aman Bareng Bung Ijo di televisi adalah tinggi, artinya pada dasarnya
responden sudah memiliki pengetahuan yang cukup mengenai iklan tersebut di televisi.
Dari hasil penyajian dan analisis data, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan
bahwa tingkat pendidikan dari responden cukup tinggi sehingga mampu menganalisa
berbagai informasi yang diberikan tentang isi pesan dan unsur iklan yang terdapat dari
iklan layanan masyarakat Cara Aman Bareng Bung Ijo di televisi.