Abstract :
Audit manajemen merupakan aktivitas penilaian yang sistematis dengan
tujuan untuk menilai efisiensi dan efektivitas objek yang diperiksa dalam
perusahaan dengan pemberian saran dalam mengatasi permasalahan-permasalahan
operasional yang ada diperusahaan dan rekomendasi perbaikan guna
penyempurnaan kinerja manajemen agar dapat meningkatkan prestasi di masa
yang akan datang.
Audit manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran CV. Okka
Pratama Motor bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektivitas fungsi
pemasaran. Selain itu, audit manajemen yang dilakukan bertujuan untuk
mengungkapkan temuan-temuan yang menghambat kinerja dari fungsi pemasaran
sekaligus memberikan masukan kepada CV. Okka Pratama Motor untuk
mengatasi temuan tersebut. Metode penelitian ini berbentuk studi kasus dengan
menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi.
Efisiensi dan efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan dievaluasi
dengan membandingkan antara criteria, cause, dan effect serta pemberian
rekomendasi. Area yang diaudit adalah sebagai berikut : (1) Lingkungan
Pemasaran, (2) Strategi Pemasaran, (3) Organisasi Pemasaran, (4) Sistem
Pemasaran, (5) Produktivitas Pemasaran, (6) Fungsi Pemasaran Lainnya.
Berdasarkan audit manajemen yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa pelaksanaan fungsi pemasaran secara umum belum
seluruhnya berjalan secara efisien dan efektif. Permasalahan utama yang dihadapi
CV. Okka Pratama Motor yaitu belum terbentuknya organisasi pemasaran yang
baku sehingga kurangnya inovasi-inovasi pemasaran yang dilakukan CV. Okka
Pratama Motor, untuk itu CV. Okka Pratama Motor harus membentuk organisasi
pemasarannya dan terus berupaya memperbaiki kinerja pemasarannya.
Kata Kunci : audit manajemen, efisiensi, efektivitas, fungsi pemasaran.