Abstract :
Pengelolaan informasi memerlukan suatu sistem informasi yang tidak ketinggalan
jaman, Untuk mengurangi dampak buruk perubahan sistem informasi, biasanya perusahaan
menempuh berbagai cara misalnya dengan melibatkan pemakai teknologi informasi dalam
pengembangan sistem informasi atau yang disebut partisipasi pemakai, PT. Bank Tabungan
Negara (Persero), Tbk Surabaya adalah perusahaan perbankan yang merupakan salah satu
Badan Usaha Milik Negara. Semakin vitalnya teknologi informasi bagi keberhasilan
perusahaan secara keseluruan memperluas peranan suatu sistem informasi.Sistem informasi
akuntansi merupakan penyedia informasi, khususnya informasi keuangan yang dibutuhkan
oleh pihak-pihak yang berkepentingan.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari observasi di lapangan
dengan kuesioner. Responden yang diambil adalah karyawan Bank BTN wilayah surabaya
timur. Untuk memenuhi tujuan penelitian ini, hipotesis diuji dengan menggunakan analisis
regresi linear berganda dan uji t.
Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa kemampuan personal tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pengguna, pendidikan dan pelatihan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna, ukuran organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan pengguna.
Kata kunci : kemampuan personal, pendidikan dan pelatihan, ukuran organisasi.