Abstract :
Pendidikan merupakan proritas utama yang mempunyai peranan penting
bagi perkembangan dan kemajuan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna layanan
pendidikan.
Variabel penelitian ini adalah Reliability, Responsiveness, Assurance dan
Empathy. Sampel Penelitian ini adalah 73 mahasiswa progdi studi akuntansi
Universitas Pembangunan Nasional ?Veteran?Jawa Timur dimana jumlah sampel
ini dapat diketahui dengan menggunakan rumus yang diungkapkan oleh
Suharyadi dan Purwanto. Teknik pemilihan sampel menggunakan probability
sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Metode analisis yang
digunakan adalah Regresi Linier Berganda.
Berdasarkan analisis regresi linier berganda, maka kesimpulan yang
diambil adalah Empathy berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa,
sehingga hipotesis penelitian ini teruji kebenarannya. Sedangkan realibilty,
responsiveness dan assurance tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.
Kata Kunci: Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Kepuasan