Abstract :
Sistem informasi akademik (SIAMIK) merupakan tiang utama dalam
mengatur segala hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan akademik bagi
mahasiswa. Skripsi ini mengambil studi kasus pada SIAMIK di UPN Jatim. SIAMIK
merupakan media informasi yang digunakan untuk menangani registrasi KRS, KHS,
pendaftaran Ujian, mencatat prosentase kehadiran mahasiswa dalam perkuliahan, dan
mencetak transkrip nilai, yang menyebabkan SIAMIK sangat dibutuhkan oleh semua
mahasiswa. Dari situlah timbul kebutuhan untuk mengukur tingkat kepuasan
pengguna atas pelayanan yang diberikan. Tujuannya, untuk mengetahui apakah
SIAMIK sudah dimanfaatkan secara optimal. Metodologi yang dapat digunakan
untuk mengukur kepuasan adalah Service Quality. Metode ini khusus digunakan
untuk mengukur kepuasan pelayanan atas jasa yang diberikan.
Hasil Analisa Servqual (Gap) diantara tingkat Harapan dengan Persepsi untuk
setiap atribut pertanyaan berada pada nilai rata-rata sebesar 3.514 untuk 24 Indikator
tingkat harapan, dan 3.275 tingkat persepsi terlihat pada tingkat persepsi yang berada
dibawah tingkat Harapan. Hal tersebut menggambarkan bahwa responden memiliki
pandangan yang negatif terhadap Sistem Informasi Akademik.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa indikator pada kuadaran
III yang perlu ditingkatkan kualitas layanannya antara lain: Data dosen selalu tepat,
Sistem dapat akses setiap saat, kecepatan akses, dapat memberikan masukan terhadap
pengembang, dapat melaporkan permasalahan, masalah yang di laporkan diselesaikan
dengan cepat, Masukan diakomodasi dengan baik, Saran ditanggapi oleh pengelola,
Terdapat sosialisai untuk pengembangan dari SIAMIK.
Kata kunci : Sistem Informasi Akademik. Evaluasi Implementasi SIAMIK, Servqual,
Gap.