DETAIL DOCUMENT
MOTIF REMAJA SURABAYA TERHADAP TAYANGAN REALITY SHOW “SCARY JOB” DI TRANS 7. (Studi Deskriptif Motif Remaja Surabaya Terhadap Acara “Scary Job” di Trans 7).
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Author
FAJAR , SETYA KURNIAWAN,
Subject
P87 Communication. Mass Media 
Datestamp
2011-03-03 14:09:45 
Abstract :
Pertelevisian di Indonesia dewasa ini berkembang sangat pesat. sampai sekarang, Hal ini bisa terlihat dari maraknya acara-acara berbau Reality Show. Sebuah alternatif program Reality show yang berbeda dengan memberikan sebuah tantangan kepada para selebriti untuk melakukan pekerjan yang kadang tidak pernah terlintas di benak masyarakat awam, pekerjaan yang kadang penuh resiko namun upah yang didapat sangat minim. Itulah sekelumit dari program reality show ?Scary Job? di Trans7. Tayang setiap senin pukul 17.30 acara ini mencoba untuk membangun rasa empati para peserta maupun pemirsaya agar tidak memandang sebelah mata orang-orang dengan berbagai jenis yang ada di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif remaja Surabaya dalam menonton program acara ?Scary Job? di Trans 7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses dan Gratifications merupakan pergeseran fokus dari tujuan komunikator ke tujuan komunikan. Model ini menentukan fungsi komunikasi massa dalam melayani khalayak. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi data dari hasil kuesioner kemudian diolah yang terdiri dari: mengedit, mengkode, dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya dianalisis secara deskriptif setiap pertanyaan yang diajukan. Populasi yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah remaja berusia 13-21 tahun di kota Surabaya yang menonton acara reality show ?Scary Job? di Trans7. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa responden memiliki motif yang tinggi mengenai suatu program acara ?Scary Job? di televisi sebab di dalam program acara tersebut mereka menyukai akan program acara tersebut sehingga mereka dapat mendapatkan semua keinginannya baik itu mengenai Motif Kognitif, Motif Identitas Personal, Motif Integrasi dan Interaksi Sosial, ataupun Motif diversi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa empat motif yang diamati yakni motif kognitif, identitas personal, integrasi dan interaksi sosial serta motif hiburan berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki motif yang tinggi mengenai suatu program acara ?Scary Job? di Trans7 sebab di dalam program acara tersebut mereka menyukai akan program acara tersebut sehingga mereka dapat mendapatkan semua keinginannya. 
Institution Info

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur