Abstract :
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP EKUITAS
MEREK PADA PRODUK AQUA
DI SURABAYA
(Studi pada Litha Store)
Oleh
Bagus Budi Satriawan
ABSTRAKSI
Dalam rangka menuju era perdagangan bebas (Free-trade), maka Indonesia harus
mampu bersaing dengan Negara lain baik dari sisi kualitas sumber daya manusia maupun
dari kualitas barang. Untuk bertahan hidup, berkembang dan dapat bersaing maka
perusahaan harus menetapkan dan menerapkan strategi serta cara pelaksanaan pemasaran
pada perusahaannya. Salah satu unsur dalam sifat pemasaran adalah marketing mix atau
bauran pasar yang dilaksanakan perusahaan sehubungan dengan penentuan oleh
perusahaan mengenai bagaimana menempatkan penjualannya pada segmen pasar tertentu
yang merupakan sasaran pasarnya. Masalah yang dihadapi oleh Litha Store adalah Kesan
dibenak konsumen terhadap AQUA dalam galon menurun dikarenakan faktor-faktor dari
bauran pemasaran dan juga dengan sekarang bertambahnya jenis air minuman dari
berbagai merek yang ada, yang masing-masing membangun sebuah merek dan disini
masyarakat mulai mengenal merek. Untuk itu, pendekatan yang digunakan untuk
membangun sebuah merek tersebut yakni dengan menggunakan bauran pemasaran.
Data terbaru dari Litha Store pada tahun 2008-2009, pembelian produk AQUA
mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
Harga,Citra toko, Distribusi, Periklanan, Promosi Harga terhadap Ekuitas Merek yang di
mediasi oleh Persepsi Kualitas.
Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah
membeli atau mengkonsumsi AQUA. Teknik penentuan sampel yang dipergunakan
adalah Non Probability Sampling yaitu penentuan sampel secara acak dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling dan untuk pengujian data digunakan analisis
SEM (Struktural Equation Modeling).
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan faktor
harga, citra toko, periklanan dan promosi harga tidak berpengaruh positif terhadap
persepsi kualitas, sedangkan faktor distribusi berpengaruh positif terhadap persepsi
kualitas dan factor persepsi kualitas berpengaruh positif terhadap ekuitas merek.
Kata Kunci : Harga, Citra Toko, Distribusi, Periklanan,Promosi Harga, Persepsi
kualitas, Ekuitas Merek