Abstract :
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT
TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA
DAMPAKNYA PADA LOYALITAS
PELANGGAN DI RAMA JAYA
FITNESS CENTRE
SIDOARJO
Oleh :
KHAIRMAN YULINARTHA
ABSTRAKSI
CRM merupakan suatu strategi pemasaran dalam memilih dan
mengelola pelanggan untuk mengoptimalkan nilai dalam jangka panjang. CRM
merupakan suatu desain strategi untuk memahami, mengantisipasi perilaku
pelanggan, dan mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
CRM mengintegrasikan, menganalisis, menyebarkan informasi tentang pelanggan,
penjualan, dan efektivitas pemasaran untuk memberikan pelayanan yang lebih
profesional dan personal kepada pelanggan. Berdasarkan latar belakang tersebut
maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh CRM
terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rama Jaya Fitness Centre di Sidoarjo dan
untuk mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan di
Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan
teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria atau
pertimbangan tertentu yaitu pelanggan yang mempunyai membership card Rama
Jaya Fitness Centre di Sidoarjo pada saat menggunakan jasa di Rama Jaya Fitness
Centre di Sidoarjo. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
110 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan daftar
pertanyaan atau kuisioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah SEM.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Customer
Relationship Management tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di
Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo dan Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh
terhadap Loyalitas Pelanggan di Rama Jaya Fitness Centre Sidoarjo.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Kepuasan Pelanggan dan
Loyalitas Pelanggan