Abstract :
Pada 6 bulan terakhir dari bulan Januari ? Juni 2009 telah terjadi
perubahan secara menurun dari jumlah pelanggan yang datang di klinik
kecantikan LBC dari 258 orang (11,1%) menjadi 129 orang (5,5%). Selain itu dari
perusahaan ditemukan adanya data keluhan yang disampaikan oleh pelanggan
berkaitan dengan pelayanan yang diterima oleh pelanggan. Tujuan dilakukan
penelitian ini adalah : a) untuk menganalisis pengaruh nilai pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan LBC, b) untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan
terhadap loyalitas pelanggan LBC di Surabaya, c) untuk menganalisis pengaruh
nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan LBC di Surabaya.
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan klinik kecantikan LBC di
Surabaya dengan kriteria umur remaja ke atas (17 tahun ke atas) dengan jenis
perawatan wajah dan tubuh. Karena penelitian ini menggunakan maximum
likelihood estimation maka maksimal sampel yang dipergunakan adalah 110
responden yang merupakan pelanggan klinik kecantikan LBC di Surabaya.
Adapun teknik sampel yang dipergunakan adalah purposive sampling. Purposive
sampling adalah sampel berdasarkan tujuan yaitu pelanggan yang memiliki
kriteria umur remaja ke atas (17 tahun ke atas) dengan jenis perawatan wajah dan
tubuh.
Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian ini antara lain
adalah : a) faktor nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap faktor kepuasan
pelanggan, b) faktor nilai pelanggan tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan, c) faktor kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap loyalitas
pelanggan.