Abstract :
Axioo merupakan salah satu produsen laptop yang sudah cukup dikenal
oleh para pengguna komputer. Fenomena yang terjadi pada saat ini adalah
semakin menurunnya ekuitas merek laptop Axioo. Hal ini juga didukung dengan
data dari TBI bahwa selama tahun 2011-2013 terjadi penurunan Top Brand Index.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek pengaruhnya terhadap
minat beli laptop Axioo di Surabaya (Studi Pada Hi-Tech Mall).
Skala pengukuran untuk indikator ? indikator dari setiap variabel yang
digunakan adalah skala interval yaitu skala jenjang sematik (sematic differential
scale) dengan skala interval 1 sampai 5. Pengambilan sampel didasari oleh PLS
bahwa besarnya sampel yaitu 5 ? 10 parameter yang diestimasi. Pada penelitian
ini terdapat 12 indikator, sehingga jumlah sampel yang ditetapkan adalah 60
responden melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen laptop Axioo di HiTech
Mall Surabaya dan berumur 20 tahun ke atas. Dalam penelitian ini
menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling.
Artinya teknik penarikan sampel dengan menggunakan syarat tertentu.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif
terhadap minat beli laptop Axioo di Surabaya.